Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

23 January 2013

Tiga Buku di Bulan Januari

Di bulan Januari 2013 ini, saya menerima tiga eksemplar buku baru yang diberikan antara lain; dua buku oleh pengarangnya, sedang yang satunya lagi diberikan sebagai cindera mata oleh panitia penyelenggara kegiatan seminar kurikulum. Untuk kedua pengarangnya yang langsung memberikan kepada saya, saya gembira luar biasa. Bukan hanya karena saya mendapatkan buku gratis, tetapi lebih dari itu karena saya pun turut berbangga hati atas ketekunanannya yang secara persisten dalam menuangkan ide dan gagasan hebatnya dalam sebuah buku. Bukan sekedar menuliskannya dalam sebuah catatan sebagaimana yang Anda baca ini.

Buku yang pertama, saya terima di Samarinda pada Sabtu, 5 Januari, dalam sebuah kegiatan in house training. Bukunya berjudul Cara AMPUH Merebut Hati Murid, penulisnya sendiri adalah Direktur Sekolah dimana saya memberikan in house traning tersebut. 

Buku yang kedua adalah buku yang saya terima  pada Sabtu, 12 Januari, di Pasar Rebo, Jakarta Timur, dengan judul Ya Allah, Tolong Aku, Aku Sedih, Aku Bingung, Aku Kesal. Buku ini diberikan kepada saya sebagai cindera mata di akhir sesi seminar bersamaan dengan sertifikat.

Sedang buku ketiga, saya terima pada Jumat, 18 Januari langsung dari penulisnya, yang baru saya kenal ketika yang bersangkutan memberikan workshop di sekolah kami pada Kamis, 12 Juli 2012. Judul buku ketiga saya itu adalah The Secret Power of Mind and Body Unification.

Cara AMPUH Merebut Hati Murid

Buku ini merupakan buku kedua dari pengarang yang sama, Joko Wahyono. Orang yang begitu bangga menjadi pendidik. Dan alhamdulillah saya berkesempatan berkenalan dengan penulis ini di Sangatta, Kalimantan Timur, saat si penulis buku ini menjabat sebagai Pengembangan di sekolah yang dalam naungan YPPSB pada tahun 2004.

Dalam buku keduanya ini, Pak Joko memberikan testimoninya tentang bagaimana ia sebagai guru merebut hati para peserta didiknya. Baik saat beliau masih tinggal di Jakarta, atau ketika sudah berada di Sangatta. 

Pengalamannya itu, beliau rumuskan dalam konsep AMPUH.


Ya Allah, Tolong Aku, Aku Sedih, Aku Bingung, Aku Kesal


Buku kedua yang saya terima ini berkait dengan kegalauan hati dan bagaimana menemukan jalan terang dan sekaligus menentramkan.













The Secret Power of Mind and Body Unification

Ini adalah buku pertama dalam gerak unifikasi. Khususnya di Indonesia. Karena buku tentang gerak, maka pas sekali jika ini ditulis oleh pelakunya yang memang mantan atlet, yang juga adalah Dosen Olah Raga di UNJ.

Gerak unifikasi sendiri berarti penyatuan dan kesatuan (halaman 9). Pada halaman 11 dalam bukunya, Ricky Susiono, sebagai penulis buku menyampaikan; Bahkan, apabila seseorang sudah mampu menjadikan unifikasi sebagai bagian dari kehidupannya, hal ini dapat menjai sesuatu kekuatan yang bisa digunakan untuk mengubah semua aspek kehidupan secara positif, baik melalui cara bergerak, berpikir, berperasaan, sudut pandang maupun cara bersikap, sehingga tercapai suatu pencerahan atau ketenangan.


Itulah tiga buku yang sekarang saya bolak-balik membaca untuk menemuan mutiara-mutiara berharga bagi pertumbuhan diri saya. Terima kasih kepada teman-teman yang telah menghadiahi buku kepada saya di bulan Januari ini.
 
Jakarta, 23 Januari 2013.

No comments: