Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

26 January 2013

JazzKustik Tugasku 2013

Pagi ini, pukul tujuh, saat saya sampai halaman sekolah, beberapa anak didik kami yang menjadi panitia kegiatan pentas musik Tugasku 2013 dengan tema JazzKustik, telah muncul. Bahkan beberapanya sejak kemarin sore tetap berada di sekolah dengan alasan untuk persiapan kegiatan. Tentu siswa yang ada di sekolah tersebut tidak sendirian. Bersama mereka ada beberapa guru dan staf karyawan yang menemani mereka sepanjang malam.

Selain yang baru datang pada pagi hari itu, beberapa siswa yang menginap pun telah mulai sibuk dengan berbagai persiapan. Seperti memasang famlet yang berisi tentang kegiatan juga sibuk untuk memesan makanan sebagai konsumsi para kru sound system yang terlambat datang. Tidak ketinggalan para guru yang terlibat kepanitiaan. Saya sendiri memberikan lay out keamanan kepada anggota sekuriti sekolah untuk kemudian dapat disebarluaskan kepada anggota yang lain.

Dalam catatan ini, saya ingin membagi penilaian saya terhadap setiap generasi OSIS sekolah kami yang menjadi penggagas, perencana, hingga pelaknasa kegiatan tersebut. Dimana dalam setiap generasi yang berbeda itu, masing-masingnya selalu ingin menunjukkan diri sebagai organisasi yang sukses. Namun dalam kerangka ingin menunjukkan kesuksesannya itu, kepada mereka tidak kami biarkan untuk menumbuhkan saling 'jeger-jegeran', perasaan tidak mau kalah dengan apa yang telah diperbuat oleh pendahulunya, sehingga bukannya akan membawa sikap positif tetapi justru sebaliknya, akan mengarahkan mereka kepada wahana 'borju'.

Dan pesan itulah yang saya rasakan selama bertahun-tahun berada di sekolah yang relatif tidak besar ini. Sebagai buktinya, setiap ada Pentas Musik yang OSIS gagas, dari tahun ke tahun, ukurannya tidak pernah semakin besar atau semakin menyusut. Tetapi stabil. Oleh karenanya, daya tarik dari kegiatan itu adalah bukan pada besar atau kecilnya event yang akan dilaksanakan, tetapi justru kepada sosok yang akan menjadi ikon dari kegiatan itu sendiri.

Dan pada titik sosok yang akan menjadi ikon itulah, guru kadang harus bersabar sekaligus mendengar, juga menanti apa yang sesungguhnya akan mereka, para siswa itu putuskan. Mulai dari angket yang disebarkan kepada seluruh siswa yang kemudian menjatuhkan pilihan siapa guest star-nya.

Seorang penampil, yang juga adalah guru di sekolah kami.
Dari GS yang sudah mereka sepakati itulah kemudian para pengurus OSIS itu, dengan bantuan penuh para guru pembimbingnya, akan merumuskan konsep pertunjukkannya. Seperti pada tahun 2013 ini, dimana konsep yang diusung adalah Jazz dan Akustik. 

Itulah barangkali sekelumit catatan saya tentang kreatifitas anak-anak didik kami di sekolah.

Jakarta, 26 Januari 2013.

No comments: