Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

31 December 2012

Anak-Anak Konsisten

Setiap pagi hari sebelum jam menunjuk pukul 07.00, saya bertemu dengan siswa saya ini. Diwaktu sepagi itu suasana sekolah masih sepi. Beberapa guru dan staf yang telah sampai di sekolah. Juga beberapa siswa yang lain. Dan bila saya telah sampai, maka saya akan menegurnya ketika ia sedang mekan bekal sarapannya di mobil yang juga selalu di lokasi parkir yang sama.

Dalam kendaraannya itu, ia akan mendengarkan lagu, yang kalau saya mendekat, ia akan selalu memainkan tombol volumenya. Kadang volume menjadi lebih keras. Maka saya pun akan memintanya untuk menggantikan dengan irama melayu atau dangdut. Anak-anak muda seperti dirinya, biasanya akan menolaknya.

Itulah sebagian kecil dari peserta didik saya yang selalu dengan irama yang konsisten dari hari  ke hari. Termasuk ketika dia pulang. Sangat konsisten dan persisten. Karena jika teman yang lain masih akan tinggal di sekolah hingga badannya basah kuyup oleh keringat setelah bermain futsal, maka siswa saya yang satu ini ia akan langsung menuju ke kendaraan yang telah parkir untuk segera pulang.

"Mengapa kamu tidak ikut bermain futsal dulu?" Tegur saya suatu siang ketika melihatnya menuju ke kendaraan.
"Tidak Pak. Saya harus belajar." Jawabnya santai.

Dan semua temannya memakluminya ketika ia berjalan menuju pintu gerbang sekolah sembari memberikan salam perpisahan. Peristiwa itu jugalah yang memberi bukti kepada saya bahwa secara sosial tidak bermasalah. Temannya tetap banyak dengan hubungan yang tetap hangat juga.

Keteguhan akan prinsipnya itu yang mengagumkan saya. Karena layaknya anak-anak yang lain, maka tugas atau jadwal kadang dilupakan manakala bertemu dan berkumpul dengan teman-temannya. Namun siswa saya yang satu ini berbeda. Konsistensinya teguh dan kukuh.

"Saya ikut gym juga Pak di dekat rumah kebetulan ada. Saya member." Ceritanya suatu hari saat kami berdiri di pinggir lapangan futsal sekolah.
"Terus kamu disiplin untuk selalu berolahraga di gym itu?" Tanya saya.
"Kalau ngak ada ulangan saya ke gym."
"Tapi belum six pack juga kamu?"
" Iya nih Pak. Tapi saya memang ngak pingin kok. Yang penting saya sehat dan tidak mudah sakit." 

Percakapan itu sekaligus memberikan gambaran kepada saya tentang bagaimana siswa saya secara lebih luas. Ini penting agar saya tidak terlalu mudah membangun persepsi terhadap mereka. 

Jakarta, 31 Desember 2013.

No comments: