Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

14 December 2012

Alhamdulillah, Kalau Guru Diingat Muridnya

Saya ikut bersyukur dan merasakan bagaimana seorang murid yang masih mengenang dengan jelas siapa sosok guru yang amat dicintainya. Dan akan kenangan baiknya itu, diceritakanlah kepada teman-temannya. Inilah kenyataan yang menjadi pengalaman saya, yang  terjadi dalam sebuah pelatihan guru di sebuah sekolah swasta di Pekanbaru, Riau, beberapa waktu lalu.

Cerita itu bermula ketika seorang peserta pelatihan, yang adalah seorang guru di Sekolah Dasar swasta dari Duri, Riau,  yang memberikan testimoni terhadap apa yang pernah dialaminya. Dikatakannya dalam testimoni itu bahwa, guru yang Ia  idolakan itulah yang akhirnya membukakan jalan hidupnya untuk memilih menjadi guru.

Lalu seperti apa sosok gurunya itu?

Gurunya adalah seorang guru menyanyi. Guru yang hanya mengajar di sekolahnya untuk kurun waktu yang tidak panjang. Namun dalam kurun waktu yang relatif singkat itu Ia  telah mampu meninggalkan jejak yang tidak terhapuskan  pada dirinya. Jejak akan kekaguman akan kepiawaiannya dalam membawa anak-anak didiknya masuk dalam dunia keindahan dan kebanggaan alam dan nusantara melalui syair lagu-lagu yang diajarkannya.

Ini selain karena guru itu 'berwajah' kota, karena kebetulan memang asli kota kabupaten yang ada di daerahnya kala itu, juga karena Ia merasa begitu istimewanya belajar menyanyi di sekolahnya yang berada jauh dari kecamatan di sebuah kabupaten di Pulau Sumatera? 

Oleh karenanya, kehadiran gurunya yang selalu perpakaian rapi meski sederhana itu selalu dinantikan keberadaannya di dalam kelas. Ia dan teman-temannya setria menunggu lagu baru yang akan diajarkan. Dan sebelum lagu baru anak-anak dapatkan, maka kelas diminta mengulang lagu-lagu yang pekan lalu diajarkan.

"Dan sekarang," kata Pak Guru dari Duri itu dalam testimoninya, "menyanyikan lagu yang diajarkan oleh guru saya yang sebentar itu kepada peserta didik saya. Itulah guru yang menjadi idola saya."

Semua peserta pelatihan tentunya memberikan apresiasi dengan bertepuktangan kepada guru itu diakhir testimoninya.

***

Saya yang ikut mendengar testimoni itu, turut mengucap syukur. Merefleksikan diri bagaimana rasanya bila menjadi seorang guru yang dikenang siswanya dalam kebaikan. Dalam refleksi itu pulalah kami yang menjadi bagian dari pelatihan itu mendapatkan pelajaran.

Jakarta, 09-14/12/2012.

No comments: