Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

16 September 2013

Burung, Sudi Bersarang di Halaman Sekolah Kami

Saya menemukan sarang burung di halaman belakang sekolah kami. Ini tentu menjadi kabar menyenangkan, khususnya untuk saya sendiri, karena kesukaan saya untuk menitipkan tanaman yang saya anggap baik untuk di tanam di halaman sekolah. Disana antara lain ada pohon kepel, pohon kelapa puyuh dan cengkir, juga berbagai jenis pohon yang ketika saya tahu bahwa pohon tersebut belum ada di sekolah, saya pun segera untuk menanamnya. Termasuk juga pisang kepok kuning dan pisang tanduk, yang pernah berbuah lebat. Sekarang, kami sedang menunggu lebatnya daun dari dua jenis pohon cincau.

Dan selain pohon-pohon yang saya titip itu tumbuh dengan menggembirakan, ada beberapa yang dikemudian hari saya menemukan sesuatu yang membuat saya semakin takjub. Seperti yang baru-baru ini kami temukan, berupa sarang burung. Yang melihat karakternya, tampaknya sarang burung prenjak. Dan supaya sarang itu ditempati hingga telur-telurnya tumbuh menjadi generasi baru, saya memberikan 'pengumuman' kepada para penguasa taman agar menjaga sarang itu. Jangan diusik.
Di balik daun yang terlipat itulah posisi sarang burung itu.


Ini menjadi kegembiaraan saya mengingat di luar halaman sekolah yang kebetulan terdapat taman kota, sering saya ketahui beberapa orang yang begitu sabar berjalan mengamati 'pergerakan' burung-burung liar. Dan menurut kawan di sekolah, mereka itu adalah para penangkap burung liar.


Jadi, meski bukan sesuatu yang dahsyat, layak bila saya menuliskan temuan saya ini sebagai bagian dari catatan perjalanan. 

Jakarta, 16 September 2013.

Tidak ada komentar: