Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

24 March 2012

Melihat Semangat Perjuangan Teman


Beberapa waktu lalu saya bersama teman melihat, bersilaturahim, dan berdiskusi di lapangan yang teman-teman sebut sebagai ladang perjuangannya. Kami datang di pertengahan waktu antara waktu Ashar dan Magrib. Dan baru meninggalkan lokasi itu persis saat waktu Isyak berkumandang.  Namun waktu yang singkat itu telah banyak memberikan inspirasi kepada kami yang menjadi pengunjungnya.

Berkeliling menjadi pembuka kunjungan kami. Diajaklah kami mengelilingi blok-blok dimana lokasi olah jiwa, olah jasmani, dan olah pikir bagi generasi muda unggulan disiapkan. oleh teman-teman saya itu dengan penuh kesungguhan. Sebuah lahan yang benar-benar memberikan harapan.

Namun bukan itu saja tampaknya  bagi saya, yang membuat kami semua kagum. Tetapi justru kesiapan dan daya juang para pemangku yang ada di lokasi dari tingkat yang ada di dalam struktur, yang dipampang di ruang kendali dimana kami akhirnya berada sebelum menunaikan shalat Magrib bersama, hingga yang berdiri di depan pada saat kami hadir. Dan semangat itu terlihat dengan jelas hingga di raut wajah yang digambar.

Lalu kami bertanya bagaimana mereka dapat begitu bersemangat dalam perjuangannya itu? Dijelaskannya bahwa untuk mengembangkan budaya berjuang tersebut dengan perjuangan juga. Yaitu perjuangan berjenjang, perjuangan yang simultan, perjuangan yang penuh ketulusan, dan dengan peta yang digunakan secara konsisten serta persisten.

Dan disinilah barangkali yang menjadikan inspirasi bagi  ikhtiar kami. Perjuangan berjenjang yang penuh semangat dengan menggunakan peta perjalanan yang konsisten serta penuh keteguhan akan pertolongan illahi, menjadi poin yang tampak sekali harus menjadi contoh bagi kami.

Atau setidaknya, kami harus mengukur apa yang kami telah perjuangkan dengan apa yang mereka perjuangkan. Perbandingan ini setidaknya menjadikan kami untuk dapat menjadi lebih teguh dalam menerima amanah perjuangan. Semoga. Amin.

Jakarta, 23/03/2012

No comments: