Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

21 March 2012

Kopi Daun Kopi

Inilah minuman unik yang saya temukan dan sekaligus rasakan di perjalanan antara Bukittinggi menuju Istana Pagaruyung. Minuman dengan citarasa kopi, namun bukan berasal dari biji kopi seperti yang selama ini ada di benak kita. Menurut penjualnya, minuman ini berasal dari daun kopi yang dikeringkan, kemudian diremas hingga daun itu menjadi serpihan. Serpihan daun itulah yang kemudian di sedu untuk menjadi minuman kopi. Minuman ini lebih terkenal dengan nama Kawa Daun.

Apa yang membuat minuman ini menjadi unik? Penyajiannya. Karena minuman ini disajikan kepada pengunjung 'hanya' dengan batok kelapa dan dilengkapi tatakannya yang terbuat dari bambu. Perhatikan gambar yang saya buat berikut ini. 

Kopi disajikan dalam 'gelas' yang berupa batok kelapa. Dengan terlebih dahulu di saring. Tanpa terlebih dahulu diberi gula, minuman ini langsung diantar ke meja pengunjung.

Ketika saya menunagkan tiga sendok teh gula putih ke dalam minuman ini dan mengaduknya, rasa sepet mendekati pahit masih terasa. Ini mungkin karena minuman ini berasal dari daun.















Pengunjung sedang menikmati hidangan kawa daun di Pondok Goreng Kawa Daun.

Jakarta, 21 Maret 2012.

1 comment:

Gelora Qalbu said...

Assalamualaikum w.w...
kalo di Jakarta di mana kita bisa membeli "Teh Daun Kopi" tsb.

wassalammualaikum
SA