Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

28 March 2012

Apa yang Menginspirasi Kakak Membuat Lagu?


Dalam sebuah kegiatan yang bertema Musik, kelas 4 mengundang guest speaker yang rupanya dipilih grup band anak muda, untuk berbagi dengan mereka bagaimana menjadi pemusik dan bermain musik. Acara seperti ini tentunya tidak merupakan perjuangan guru-guru sendiri. Tetapi teman-teman guru itu telah berkolaborasi dengan para orangtua siswanya dan berhasillah salah satu group band yang didatangkan untuk menjadi pembicara tamu dalam talk show yang digelar di hall utama sekolah. Acara itu sendiri berlangsung pada Selasa tanggal 20 Maret 2012.

Gambar pertama ini  memperlihatkan kegiatan telah berakhir, dan meminta para pemain band untuk berfoto bersama dengan guru dan orangtua. Siswanya mana? Dikala foto diambil, para siswa rupanya sibuk luar biasa untuk mencari kertas. Kami baru sadar bahwa mereka mencara kertas tidak lain adalah untuk meminta tanda tangan anggota band tersebut yang langsung menjadi tenar.

Banyak hal mengagetkan yang saya dapat dalam berjalannya talk show tersebut. Misalnya anak yang bertanya kepada pembicara tamu itu: Kak, apa yang menginspirasi kakak dalam membuat lagu? Dahsyat bukan pertanyaan itu untuk siswa di kelas empat sekolah dasar? Dari mana anak itu memahami kata inspirasi dan mampu merangkaikan dalam satu kalimat? 

Atau juga ketika Sashi, anggota band itu meminta untuk follow twitter mereka, kalau ingin mengatahui up date kegiatan band mereka. Rupanya Sashi sadar bahwa yag menjadi audiens belum remaja. Dan ajakan itu menjadi absurd untuk anak-anak. Maka ajakan itu segera dirubah menjadi sebuah pertanyaan. Sashi bertanya: Apakah ada dari kalian yang sudah punya akun twitter? Serempak anak-anak menjawab: Sayaaaa... Jawab lebih kurang sepuluh siswa dari yang hadir. Kami yang penonton bertepuk tangan. Saya khususnya, merasakan ada fenomena yang luar biasa 'beda' generasi siswa kami ini. Baik dalam kosa kata yang dikuasainya atau juga dengan teknologi yang digunakannya. Menakjubkan!

Tema musik kali ini dipilih oleh teman-teman di sekolah sebagai tema besar dalam special event yang menjadi kegiatan rutin tengah semester untuk semua unit sekolah dan kelasnya. Dan dalam kegiatan ini, maka guru-guru mengembangkan sub tema yang lebih operasional di tingkat kelasnya masing-masing. Mungkin topik pembahasan tersebut dapat dilihat dalam gambar foto ini.





Sedang gambar inimenunjukkan kesibukan Sashi, salah satu anggota band tersebut, untuk memberikan tandatangan di keras yang disodorkan oleh penggemar kecilnya.

Jakarta, 28 Maret 2012.




No comments: