Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

21 March 2012

Bika di Kawa Daun

Dalam perjalanan kami dari Bukittinggi menuju Istana Pagaruyung, kami singgah di warung gorengan yang di papan namanya tertulis; Pondok Goreng. Persis lokasinya ada di Tabek Patah kilometer 16, Batusangkar. Apa istimewanya dari warung yang pengunjungnya tiada berhenti silih berganti ini antara lain adalah; bika, kawa daun, serta gorengan tahu isi, pisang, dan tempe. 

 
Inilah lokasi yang berhasil dapatkan dari Google. Harap menjadi peerhatian kita bahwa Batusangkar adalah ibu kota dari Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Untuk melihat lebih jelas tentang makanan yang sabutkan tadi, ada baiknya saya sampaikan di sini, berikut fotonya, mulai dari Bika.

Katakanlah ini sebagai oleh-oleh saya kepada Anda, hasil kunjungan saya ke Pondok Goreng Latifha.

Bika Sumatera Barat

Jangan pernah terbayang bahwa makanan ini sebagaimana yang tergambar oleh kita dengan Bika Ambon. Karena Bika di Sumbar terbuat dari bahan tepung beras dan serutan kelapa. Cara memasaknya dengan di panggang di kuali dengan api atas dan bawah.




Adonan Bika ini di'cetak' dengan tatakan daun waru.







Dipanggang di dalam kuali yang di'bakar' dengan kayu bakar.








Kuali yang telah berisi Bika tadi, ditindih dengan kuali yang berfungsi sebagai perapian. Ini menjelaskan bahwa pembakaran atau pemanggangan terjadi dari bawah dan dari atas adonan Bika tadi.




Bika telah siap kita santap. Dan tentang rasa? Saya pikir kita harus mencoba makanan ini jika kita berkesempatan mengunjungi Sumatera Barat, khususnya jika Anda dalam perjalanan Padang - Bukittinggi. Karena dalam jalur perjalan ini, kita bisa menemukan jenis makanan ini di pusat pembuatan Bika.


Jakarta, 21 Maret 2012.

No comments: