Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kepada seluruh pembaca semua,
Terima kasih untuk membuka lembaran catatan perjalanan saya ini. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang positif darinya. Namun jikapun tidak, semoga Anda tidak merasa telah membuang waktu Anda dengan sia-sia. Harapan saya, semoga kita selalu dibukakan pintu kemudahan dan kekuatan dalam menunaikan tugas kita masing-masing. Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

20 Maret 2012

Kegiatan Perkemahan Pramuka

Ketika saya bertanya kepada anak-anak apakah mereka merasa senang untuk berangkat dan melaksanakan kegiatan Pramuka? Serempak menjawab dengan tegas, senang. Dan memang tidak ada wajah yang tidak menampakkan perasaan sedih dalam pertemuan saya dengan mereka pagi itu sebelum mereka berangkat dari sekolah menuju lokasi berkemah. Luar biasa.

Semangat luar biasa itu paling terasa ketika saya bertemu dengn kelas-kelas yang memang akan menginap satu malam itu. Baik bagi mereka yang perkemahan ini untuk kali kedua atau untuk kali petama. Semua menyambut dengan penuh semangat. Ini juga terpancar di wajah para orangtua mereka yang, juga penuh optimis dengan kemandirian anak-anaknya ketika nanti sudah berada di perkemahan. Hingga akhirnya mereka masuk ke kendaraan masing-masing, yang membawa mereka ke tempat perkemahan.

Apresiani untuk Mereka

Perjalanan mereka itu sesungguhnya tidak mulus benar jika kita melihatnya dengan masukan yang disampaikan beberapa orangtua, yang sebenarnya tidak menginginkan untuk ikut serta dalam perkemahan itu. Namun karena anak-anak mereka begitu bersemangatnya untuk ambil bagian dalam kegiatan tersebut, maka beberapa orngtua itu kalah. Akibatnya mereka, dengan mengatasnamakan 'wakil' dari yang lainnya, memberikan masukan yang berua drive untuk sebuah pelaksanaan kegiatan tersebut. Karena kami merasa yakin bahwa semua hal telah dilalui dengan persiapan dan prosedur yang baik, maka kami yakin semuanya telah terprediksi.

Alhasil, pelaksanaan kegiatan itu pun menjadi lebih tertangani dengan lebih baik lagi. Mungkin itu adalah hikmah dri ketidakmulusan dalam tahap perencanaannya. Namun, itulah dinamika sebuah organisasi yang antar komponennya terkoneksi sosial. Sekali lagi, alhamdulillah bahwa pelaksanaan itu berakhir dengan benar-benar membahagiakan. Sebagaimana apa yang disampaikan oleh seorang peserta ketika saya bertemu denganya menjelang pulang sekolah.

Bagaimana kegiatan yang kamu ikuti dalam perkemahan kemarin? Kamu belajar banyak dengan kegiatan itu? Tanya saya kepadanya. Saya paham sekali bahwa anak itu adalah anak yang baru kali pertama mengikuti pekemahan Pramuka. Dan saya juga faham bahwa anak tersebut tidak termasuk golongan anak-anak yang bergembira dengan aktivitas fisik. Namun dengan semangat  dan mantap, dia menjawab pertanyaan saya itu. Katanya: Seru banget!

Jawaban anak-anak yang spontan dan jujur itu, membuat saya bahagia. Bahwa usaha teman-teman yang nyaris tidak dapat memejamkan mata demi anak-anak di perkemahan, menjadi satu hal yang patut mendapat apresiasi dari kita semua. Juga penghargaan untuk anak-anak yang telah memilih untuk belajar mandiri dan berani bersama teman dan gurunya di perkemahan itu. Dan tentu tidak kalah pentingnya adalah peran para orangtua semua untuk memberikan bekal jasmani dan rohani kepada anandanya demi suksesnya kegiatan yang mereka ikuti. Sukses untuk semua tentunya.

Jakarta, 14-20  Maret 2012.

Tidak ada komentar: