Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

01 Januari 2012

Penerimaan Peserta Didik Baru

Di awal tahun 2012 ini, sekolah swasta sebagaimana sekolah yang menjadi amanah saya, akan melaksanakan kegiatan rutin tahunan berupa penerimaan siswa baru. Yang dalam kementrian sekarang disebut dengan istilah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Dan sekolah saya serta beberapa sekolah lainnya di Jakarta akan memulai kegiatan itu pada Senin tanggal 9 Januari mendatang. Ini berarti bahwa proses penerimaan peserta didik tersebut enam bulan lebih awal. Karena awal tahun pelajaran baru selalu di pekan kedua di bulan Juli di setiap tahunnya? Apakah itu tidak terlalu awal untuk sebuah proses PPDB?

Ternyata tidak. Karena di beberapa sekolah tetangga saya sendiri, apa yang saya dan teman-tyeman jadwalkan untuk melaksanakan PPDB pada tanggal sembilan nanti, itu ternyata tergolong masih terlambat. Karena ada sekolah tetangga kami yang telah memulia proses PPDB tersebut sebelum tahun 2011 kemarin berakhir. Dan ini berarti mereka melaksanakan rekrutmen siswa baru hampir delapan bulan sebelum tahun pelajaran dimulai? 

Strategi

Sebagai sekolah swasta, kami melihat fenomena itu sebagai strategi untuk mendapatkan siswa semaksimal mungkin sebelum awal tahun pelajaran baru dimulai. Atau bahkan sebelum akhir tahun pelajaran berakhir. Namun saya dan teman-teman  tidak mau terpancing dan ikut serta strategi yang mereka lakukan, kami memilih dimulainya tanggal penerimaan peserta didik baru sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Bagaimana kalau nantinya, karena kami terlambat memulia proses PPDB tersebut membuat kehilangan kesempatan untuk mendapatkan peserta didik yang berkualitas?

Kami sepakat untuk tidak meyakini itu sebagai kebenaran absolut. Karena kami memiliki ukuran yang unik berkenaan dengan kualitas peserta didik. Dan dengan argumentasi itulah kami memiliki keyakinan yang pasti bahwa bangku siswa di kelas akan terisi sesuai dengan kapasitas yang tersedia. Dan itulah target setiap tahun kami dalam setiap pelaksanaan PPDB. Karena kepenuhan bangku siswa dapat berarti juga sebagai kontinyuitas  dari cash flow keuangan. 

Dan belajar dari  apa yang dibuktikan oleh Tahu Kuning Keit yang ada di Pare, Kediri, serta juga dari beberapa lembaga yang selalu eksis hingga sekarang ini, setidaknya menumbuhkan diri kami sendiri untuk selalu menjadi pembelajar. Dan inilah yang kami semua harapkan dalam setiap pergantian hari, pergantian minggu dan bulan, serta pergantian tahun pelajaran. 

Pilihan Terbaik

Dan jika kita melihat dari sisi orangtua siswa, maka PPDB adalah tahapan sulit dan berat bagi mereka semua dalam proses pengambilan keputusan. Berat, karena PPDB hanyalah gerbangnya. Proses belajar di kemudian hari  setelah selesai dalam proses PPDB, justru  adalah waktu yang jauh akan menjadi lebih berat dan membutuhkan curahan perhatian yang lebih besar. Dan kadang pada saat itulah orangtua akan menemukan beberapa hal yang pada ujungnya akan membuat mereka cocok atau tidak dengan sekolah yang sudah menjadi pilihannya. 

Maka dengan melihat itu semua, saya dan teman-teman akan menjadi kehati-hatian dalam memberikan informasi kepada kalayak berkenaan dengan sekolah yang menjadi tanggung jawab kami. Kami akan selalu aman dan tidak melakukan kebohongan manakala yang kami sampaikan adalah apa yang kami lakukan dikeseharian kami di sekolah.

Dan semoga ini menjadi bagian penting dalam strategi PPDB kami. Semoga.

Jakarta, 1 Januari 2012.

Tidak ada komentar: