Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

05 Januari 2012

Belajar Bullying Bersama Guru di Sekolah

Sepanjang hari, pada hari ini, Kamis tanggal 5 Januari 2012, saya belajar tentang bullying bersama semua teman-teman guru di sekolah. Sebuah perkara yang tidak baru lagi, namun selalu hangat ketika kami mendiskusikan atau bahkan mempelajarinya lagi pada hari ini. Terlebih lagi karena kami belajar dengan cara yang agak berbeda. Semua kita menjadi narasumber.

Semua teman yang tampil pada saat menjadi nara sumber atau kami yang menjadi pendengar, sama-sama menikmati proses kegiatan belajar tersebut. Setidaknya ini saya lihat dari raut wajah yang memancarkan penuh antusiasme. Sebagaimana tampak dalam gambar dalam artikel ini, adalah salah satu kelompok yang sedang mempresentasi bagiannya dalam bentuk dialog dengan bantuan boneka.  Saya punya beberapa gambar dari kelompok-kelompok yang tampil. Namun saya merasa gambar kelompok ini yang paling pas. Karena memiliki latar belakang cahaya presentasi.

Belajar dari Bedah Buku

Sesungguhnya yang kami tampilkan adalah hasil membaca dan belajar kami dalam kelompok terhadap buku yang membahas bullying. Buku itu berjudul Stop the Bullying, yang ditulis oleh Andrew Matthews yang merupakan terbitan dari Seashell Publishing. Yang terbit kali pertama di bulan Oktober 2011. Masih baru bukan? Alhamdulillah. Kami dibelikan buku itu oleh Ketua Yayasan yang mengelola sekolah dimana kami semua berkarya. 

Kami lakukan diskusi terhadap buku ini setelah satu bulan sebelum sebelum libur akhir Desember 2011 lalu kami mendapat giliran mempelajari buku itu. Karena keterbatasan, maka kami membagi diri menjadi tujuh kelompok yang terdiri dari guru KB hingga buru SMP, bercampur. Masing-masing kelompok hanya perlu membaca satu bab yang terdapat dalam buku tersebut, yang rata-rata memiliki 4 sampai 6 halaman pada tiap babnya.

Dari bab yang menjadi tanggung jawab kelompok, kami mencoba mengembangkan dalam bentuk presentasi. Dan agar menjadi lebih jelas apa yang menjadi pesan dalam setiap bab yang menjadi tanggung jawab  kelompok, maka kami membuatkan drama atau mendramatisasi bersama teman kelompok.

Dan hari ini, semua kelompok tersebut menyampaikan hasil belajarnya satu persatu. Meski semua disepakati bahwa setiap kelompok hanya diberikan waktu 30 menit, namun tetap saja kami semua terlena karena asyiknya. 

Saya sendiri sangat mensyukuri apa yang telah terjadi hari ini. belajar 7 bab dari buku yang secara keselurahannya belum saya baca. Sekali lagi, karena keterbatasan yang ada. Tapi semoga dengan kesyukuran itu, Allah SWT memberikan kemudahan dan keberkahanNya. Amin. Dan kepada semua teman saya, saya mengucapkan terima kasih atas berbagi ilmunya pada hari ini.

Jkt, 5 Januari 2012.

Tidak ada komentar: