Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

15 April 2014

Pelatihan Guru #5; Pelatihan yang 'Tak Penting'

Akhir pekan lalu, kami melaksanakan pelatihan yang providernya dari luar sekolah. Ini karena keterampilan yang akan dilatihkan kepada teman-teman guru di sekolah kami, berkenaan dengan keterampilan membuat program pembelajaran dengan media komputer. Jadilah kami ber 30 hadir di sekolah di akhir pekan yang lalu. 

Awalnya

Rencana kami untuk mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan program pengajaran dengan berbasis komputer tersebut, tidak ditanggapi dengan tanggapan yang seragam. Tetapi beragam sekali. 

Untuk saya sendiri, sebagai orang yang sudah merasa tua, yang berarti, khusus untuk saya sendiri, sedikit tertinggal oleh akselerasi perkembangan komunikasi komputer, merasa begitu pentingnya keikutsertaan saya. Selain juga untuk mengejar isu tentang perkembangan pembelajaran. khususnya perkembangan pembelajaran berbasis komputer. Maka dalam kegiatan itu, saya menjadi pendaftar yang pertama, sekaligus dengan harapan yang menggebu tentang apa yang akan saya dapat.

Sedang ada beberapa teman yang sudah terpilih sebagai bagian dari unit sekolah yang harus hadir dalam pelatihan tersebut, tidak semuanya menyambut kegiatan di akhir pekan tersebut dengan aura yang menggembirakan. Ada beberapa teman yang menanggapi kegiatan itu tidak sepenuh hati. Bahkan pada H-2, ada pada saya datang teman untuk meminta pengganti peserta. Ini karena peserta yang terlanjur ditunjuk di awal oleh kepala sekolah mengundurkan diri dengan argumen karena ada kegiatan keluarga.

Akhirnya

Siang hari pada pelaksanaan kegiatan tersebut, persisnya ketika kami tidak lagi mendengarkan presenasi yang diberikan oleh pelatihnya, tetapi ketika kami memulai membuka program aplikasi komputer dan mencobanya untuk membuat rancangan pembelajaran, harapan yang sebelumnya tidak utuh berbalik 180 derajat.

Wajah-wajah penuh minat mengganti wajah keterpaksaan. Teman-teman begitu antusis untuk terus menerus mencoba dan merumuskan apa yang menjadi tugas dalam pelatihan tersebut. Semua teman mengganti tag line pelatihan yang 'tidak penting' menjdi sesuatu yang penuh antusiasme.

Saya dan teman-teman perumus justru menjadi ditodong; "Ayo Pak, yang lain harus ikut pelatihan seperti kita. Kita buat lagi yang lebih lama dan lebih mendalam!"

Jakarta, 15.04.2014.

Tidak ada komentar: