Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

30 April 2014

Pelatihan Guru #6; Selalu ada yang Jualan

Mendapat undangan untuk hadir dan ikut serta dalam kegiatan pelatihan guru pada saat-saat ini, menjadi harus selektif bagi saya untuk memutuskan apakah saya harus ikut serta atau tidak. Pertama memang apa yang akan menjadi topik dan bahasan dalam kegiatan yang ditawarkan. Selain memang biaya diharus kami keluarkan, waktu, dan lokasi.

Namun jujur, ada satu hal yang menjadi pertimbangan bagi saya sekarang ini. Utamanya adalah berkenaan dengan siapa yang menjadi pelaksana serta yang menjadi narasumber dari kegiatan tersebut. Ini tidak lain karena saya tidak mau jika ketika menjadi peserta pelatihan yang bertujuan ingin meningkatkan kualifikasi diri dalam profesionalisme, berujung kepada penawaran terhadap barang atau jasa tertentu kepada kami. Meski itu adalah sarana yang akan menjadi bagian pendukung bagi kinerja pembelajaran di sekolah.

Jadi, sungguh saya harus mohon maaf jika tidak seluruh undangan atau penawaran yang kami terima begitu serta merta menjadi agenda bagi sekolah sebagai kegiatan peningkatan profesionalisme teman-teman guru. Kami di sekolah harus benar-benar agar kegiatan yang kami ikuti pada ujungnya memang bagi peningkatan kualifikasi kami. Dan bukan menjadi bagian dari sasaran tembak penjualan sebuah produk. Apapun produknya.

Seperti ketika kami mengikuti sebuah kegiatan yang mengusung tema pembelajaran berbasis IT. Bersemangat kami mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang ada. Tentunya yang disampaikan oleh seorang praktisi IT, dan juga olehsorang guru yang berbekal kompetensi  IT yang kuat. Namun pada akhir sesi kami diperkenalkan sebuah prduk dengan basis IT yang akan menjadi bagian dari peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah oleh guru-guru.

Repotnya, proposal yang disampaikan keada kami tidak berhenti sampai disitu, karena bagian penjualan terus menerus akan mengejar apa yang akan menjadi keputusan kami. Ini karena target mereka dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan guru tidak lain adalah jualan.

Setidaknya, itulah yang saya rasakan. Sebagai sekolah, banyak orang yang melihat kami seolah-olah sebuah pasar yang berkelimpahan harta!

Jakarta, 30 April 2014.

Tidak ada komentar: