Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

07 May 2013

UN 2013; Membangun Optimisme

Suanan dimana anak-anak dengan dipandu oleh guru, berdoa sebelum UN berlangsung, untuk keberhasilannya.
Setiap pagi, setengah jam sebelum anak-anak masuk ke ruang UN, selalu berkumpul bersama semua guru kelasnya untuk melakukan kegiatan ikrar dan afirmasi. Sebuah kegiatan uang bertujuan agar anak-anak dapat melaksanakan UN dengan hati yang nyaman dan konsentrasi yang penuh. Ini sebagai bagian dari usaha guru-guru untuk memandu anak-anak didiknya memperoleh hasil UN yang sebaik-baiknya dan optimal.

Bagaimana Persiapan Itu?

Pagi hari sebelum jam pelaksanaan UN, dimana anak-anak untuk tingkat SD, akan masuk ke dalam kelas atau ruangan UNnya pada pukul 07.45, mereka berkumpul di ruangan bersama bersama guru kelasnya. Setelah selesai anak-anak itu melakukan ikrar pagi, maka Bapak da Ibu guru meminta anak-anak untuk khusuk memanjatkan doa. Bapak atau Ibu guru akan mengajak memandu anak-anak itu dengan kesungguhan menghayati apa yang menjadi visi mereka masing-masing dalam memperoleh nilai yang optimal. Agar anak-anak sadar bahwa hasil akhir dari keseluruhan ikhtiar mereka selama ini tidak sia-sia oleh keteledoran, dan tentunya adalah kekuatan dan izin dari Allah Swt. Itulah inti dari apa yang anak-anak itu lakuan setengah jam sebelum pelaksanaan UN dimuali.

Sebuah persiapan yang saya sendiri kagum terhadap apa yang disiapkan dan dilakukan teman-teman tersebut dalam mengoptimalkan hasil belajar para peserta didiknya. Sebuah kompetensi yang tidak hanya 'menceramahi' para peserta didiknya meski anak-anak itu tidak memperhatikan apa yang disampaikannya. Dan pada sisi inilah saya mengaguminya. Semog sukses! Amin.

Jakarta, 7 Mei 2013.

No comments: