Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

22 Mei 2013

Cukat, Bukan Hanya Kata

Cukat, bukan hanya kata. Ini merupakan semboyan yang menjadi inti semangat teman-teman yang bergiat di koperasi kredit di sebuah daerah pedesaan yang berada di lokasi Samigaluh, Kulom Progo, DI Yogyakarta. Sebuah pertemuan saya dan teman-teman dari Jakarta yang difasilitasi oleh sebuah lembaga ProvisiEducation di Jakarta. Sebuah kesempatan bagi saya, khususnya, untuk melihat lebih terbuka dan jelas tentang bagaimana memberdayaan sebuah masyarakat dalam sebuah kelompok.

Para peserta kunjungan belajar di kantor pelayanan Cukata.
Sebagai keturunan Jawa, saya justru bertanya apa yang dimaksud dengan kata cukat tersebut, yang menjadi inti dari motto perjuangan atau semboyan para pengurus dan anggota koperasi tersebut untuk terus berlari. Dijelaskan bahwa cukat, sepadang dengan cepat, pararel dengan trengginas, lekas, bersegera, energik. Yang memang berasal dari suku bahasa Jawa.

Maka makna yang terkandung dalam semboyan tersebut adalah bersegera, bersemangat, dengan penuh motivasi dalam merealisasikan idealisme dalam kehidupan sehari-hari, yang tidak sekedar berkata-kata atau berkonsep ria. Sebuah semboyan yang layak untuk semua kita dalam melangkah dan berlari menuju masa depan. Lebih kurang itulah semangat yang saya tangkap dalam pertemuan yang hampir 12 jam di desa tersebut. Terima kasih Pak Win!

Kutoarjo,19 Mei - Jakarta, 22 Mei 2013

Tidak ada komentar: