Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

18 April 2016

Pentas Anak-Anak

Sabtu, 16 April 2016, menjadi hari yang boleh dikata menjadi hari sibuk saya. Dan alhamdulillah bahwa meski hanya ada tiga agenda di hari itu, semuanya dapat saya jalani. Alhamdulillah.

Pertama, adalah kegiatan pentas anak-anak di daerah Cipete, Cilandak, Jakarta Selatan. Saya berada di lokasi kegiatan antara pukul 07.30 hingga pukul 10.40. ini menjadi kegiatan bagi saya yang pertama di hari sibuk itu. 

Pentas dilakukan anak-anak sebagai bagian dari menampilkan kebolehannya masng-masing. Dengan mengambil metode pentas kolosal. Hampir rata-rata sekali pertunjukkan ada 100 peserta didik di lantai pertunjukkan. Dengan menampilkan beberapa hal yang memang sehari-hari mereka lakukan ketika mereka belajar bersama gurunya. Dengan jumlah peserta pertunjukkan yang sebanyak itu, maka itu menuntut guru untuk membuat kreasi gerakan, sekaligus juga tata letak bagi anak-anaknya. Gerakan-gerakan dalam setiap durasi yang anak-anak dapatkan harus menjadi gerakan maksimal yang sekaligus juga memperhatikan pola yang dinamis agar tidak menjadi monoton.

Dan pada pertunjukan tahun ini, saya sendiri mencatatnya sebagai acara yang jauh lebih memikat dibanding apa yang mereka pentaskan di tahun sebelumnya. Ini menjadi catatan saya sendiri. Dan ini juga menunjukkan keterlibatan informasi dan teknologi dalam membuat acara menjadi lebih menarik. Mengapa? Karena teman-teman guru dalam setiap tim pararelnya selalu menjadikan jaringan internet sebagai alat bantuan untuk mencari pembanding. Dan kelihatan sekali bahwa teman-teman banyak menyerap dan menemukan apa yang dilihatnya dari internet tersebut. 

Kedua, adalah kegiatan resmi yang dilangsungkan di sekolah kedua yang menjadi destinasi saya, di daerah Tebet Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Berlokasi tidak begitu jauh dari Stasiun Tebet yang menjadi alat transportasi saya selain Go-Jek.  Saya sudah berada di lokasi kegiatan kedua saya itu sekitar pukul 11.15 hingga pukul 14.00. 

Kegiatan yang selenggarakan di sekolah ini adalah kegiatan serius. Yaitu sebagai lokasi untuk kegiatan lomba olimpiade untuk tingkat Jabodetabektangsel. Dengan tingkatan lomba untuk SD, SMP, dan juga SMA. Maka ketika sampai di lokasi tersebut, saya sudah menemukan tempat parkir yang tidak mampu menampung kendaraan lagi. Juga di halaman sekolah yang dijajar kursi-kursi siswa, dengan para orangtua peserta olimpiade yang menjadi penunggu. 

Mereka datang dari berbagai latar belakang sekolah dari berbagai lokasi yang ada. Bahkan ada boarding school, yang tertulis di bodi kendaraan operasional mereka, yang berasal dari Pandeglang di Banten. 

Ketiga, adalah acara pentas siswa yang dilakasanakan oleh para pengurus OSIS SMP, dengan teman POPPIN ONZE, berlokasi di  Pulomas, Rawamangun, Jakarta Timur. Saya hadir ketika kegiatan pentas telah berlangsung dua jam sebelumnya. Saya berada di lokasi terakhir kegiatan saya hari itu hingga tuntas tas.

Sekali lagi, alhamdulillah bahwa ketiga agenda kegiatan saya di hari itu, di tiga lokasi yang berbeda, diselenggarakan oleh tiga lembaga yang berbeda, dapat saya selesaikan dengan meninggalkan kenangan baik buat saya sendiri. Terimakasih dan alhamdulillah.

Jakarta, 18 April 2016.

Tidak ada komentar: