Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

07 April 2016

Menemani 'Perubahan' Guru #10; 360 Derajat Menilai Guru

Pagi itu saya harus meminta kepada seseorang yang menjadi kolega di sekolah untuk maksud bertanya tentang beberapa hal yang berkenaan dengan seorang guru di sekolah kami. Hal ini harus saya lakukan guna 'mempertemukan'  informasi berkenaan dengan penilaian yang sedang saya lakukan. Dan alhamdulillah, informasi itu akhirnya saya dapatkan.

"Bagaimana nilai yang pas yang ibu berikan untuk indikator komunikasi?" Demikian kurang lebih pertanyaan yang tertera di lembar penilaian yang kami sodorkan. Dan teman itu cukup hanya memberikan tanda centang dalam kolom skor. Aapakah 1 untuk kategori sempurna, 2 untuk baik sekali, 3 untuk baik, 4 untuk cukup, dan 5 untuk kurang?

Nilai yang saya dapatkan dari teman itu akan menjadi pelengkap untuk lembar penilaian yang telah masuk sebelumnya kepada saya. Antara lain dari guru yang bersangkutan, yang memberikan nilai paling besar, yaitu dengan rata-rata yang nyaris sempurna! Dari teman partnernya yang memberikan nilai tidak jauh dari apa nilai yang dilakukannya sendiri, dari tetanga pararel yang memberikan nilai nyaris bertolak belakang dengan peer dan self assessment yang ada. 

Sementara, ketika saya sendiri yang berada selalu di dalam unit kerjanya menilainya dalam kategori yang lumayan saja, maka saya membutuhkan penilaian berikut yang mampu membuat pemetaan akan kinerja riil teman tersebut.

"Dalam pararel saya, dia termasuk yang paling banyak penolakan ketika nanti di tahun pelajaran baru harus memilih pasangan mengajar. Baik yang generasi lama atau juga yang lebih junior, semua tidak menghendaki memiliki partner kerja dia Pak." Demikian lebih kurang ungkapan lisan yang datang kepada saya berkenaan dengan kinerja teman yang sedang kami lakukan penilaian tersebut.

Maka, informasi tersebut menjadi bagian penting buat saya untuk menempatkan posisi dalam kinerja tahunan secara tepat dengan memperbandingkan dia dengan teman-temannya di dalam unit kerja kami. Meski tidak mungkin menghilangkan sisi subyektifitas dalam memberikan penilaian, model ini memungkinkan kami untuk memperbesar sisi keadilan dan reliabilitas. Semoga. 

Jakarta, 7 April 2016.

Tidak ada komentar: