Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

20 April 2016

Menemani 'Perubahan' Guru #19; Kandidat Terpilih?

Dalam catatan sebelumnya berkenaan dengan 3 model kandidat yang ada dan kami temukan dalam forum diskusi panel para kandidat, maka tidak bisa-tidak kami pun harus melakukan penentuan kandidat yang mana yang akan menjadi Wakil Kepala Sekolah. Meski tapi telah menyepakati siapa saya yang terbaik dari yang ada, untuk kemudian melanjutkan kepada tahap berikutnya, maka kami harus juga berkoordinasi dengan Kepala Sekolah yang akan menjadi pemandu para wakilnya yang baru. 

Untuk itulah maka kami merancang pertemuan dengan Kepala Sekolah untuk mendiskusikan satu [persatu kandidat yang telah ikut serta dalam tahap diskusi panel. Dan karena Kepala Sekolah juga adalah orang yang ada dalam diskusi panel, selain juga adalah para peserta merupakan para gurunya, maka pemahaman terhadap para kandidat dalam keseharian menjadi pertimbangan tersendiri. Bahkan ada beberapa informasi yang memang kami tidak mengetahuinya. Ini karena kami hanya melihat bagaimana para kandidat tersebut mengemukakan pendapat. 

"Pak Tono itu bagus memang apa yang disampaikan dalam forum-forum semacam ini. Tapi dalam kesehariannya saya hampir frustasi memberikan semangat kepada dia untuk mengejar target yang dia juga ikut terlibat menentukan. Dan ini menjadi karakternya. Maka apa yang disampaikan dalam forum diskusi panel ini saya tidak heran." Kata Kepala Sekolah di awal diskusi kami mengenai para kandidat.

Apa yang disampaikan oleh Kepala Sekolah atas performa salah satu kandidat tersebut juga memberikan kepastian buat kami bahwa memang itulah jenis karakter para kandidat. Bahwa ada 3 model itu memang benar-benar terjadi dan berlangsung di lapangan.  Yaitu kandidat yang tukang komplain, kandidat yang menjadi pengamat atau komentator, dan kandidat yang memang fisik dan pikirannya menyatu dan menginjak bumi.

"Maka dengan apa yang telah Ibu uraikan itu apakah Ibu berarti memilih Pak Alfi dan Ibu Beta yang mendampingi Ibu sebagai Wakil Kepala Sekolah?" Begitu pertanyaan saya kepada Ibu Kepala Sekolah setelah diskusi berjalan kurang lebih 1 jam. Pertanyaan saya untuk mempertegas bahwa memang Ibu tersebut memilih sebagaimana yang kami juga rekomendasikan.

Jakarta, 20 April 2016.

Tidak ada komentar: