Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

14 April 2016

Menemani 'Perubahan' Guru #16; Membandingkan

Dalam suatu kesempatan, saya meminta kepada teman-teman untuk semuanya mendampingi siswa yang akan menjadi peserta lomba. Dimana lomba tersebut diselenggarakan di sebuah sekolah, yang sedang melaksanakan kegiatan perlombaan olah raga dan seni. Maka serta merta kami mengirimkan sebanyak-banyaknya siswa yang dapat menjadi peserta lomba. Tujuannya selain untuk memberikan kepada siswa kami ajang untuk berprestasi juga agar guru-guru kami dapat melihat secara langsung bagaimana kegiatan itu diorganisir dan bagaimana sekolah tersebut melakukan kegiatan sehingga dapat berlangsung dengan baik. Termasuk juga para guru-gurunya untuk mengikuti perlombaan yang kebetulan juga memperlombakan keterampilan guru dalam membuat sarana belajar.

"Jadi kami semua nanti harus berangkat untuk mendampingi siswa lomba Pak?" Tanya seorang guru kepada saya. Ini karena sebenarnya guru pendamping yang kita plot berlebih dibandingkan dengan jumlah anak-anak kami yang mengikuti lomba. 

"Iya Bu. Sesuai dengan hasil diskusi kita beberapa waktu lalu, bahwa tujuan kita mengikuti lomba di sekolah tersebut, juga adalah memberi kesempatan kapada Ibu dan Bapak guru untuk melihat, menonton, dan mengambil hal yang positif dan hal yang berbeda yang ada di sekolah itu untuk kemudian dapat Bapak dan Ibu adopsi bagi kebaikan Bapak dan Ibu sendiri, kelas Bapak dan Ibu, dan tentunya juga untuk kebaikan sekolah kita." Jelas saya kepada mereka. Dan alhamdulillah bahwa semua menyadari itu dan bersemangat ketika kami mendampingi teman dan anak-anak untuk menjadi peserta lomba.

Jakarta, 14 April 2016.

Tidak ada komentar: