Masjid Raya Samarinda

Sianok

Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

29 February 2024

Di Madinah atau Di Mekkah

Mendorong Pak H Ponimin di Hotel Al Gufran, Mekkah, bersama H Ogi, H Sundarto, Habib Novel Alaydrus, dan H Yusuf 18 Juni 2023.

Pada hari ke-11 keberadaan kami di kota Madinah Al Munawarah, bertepatan pada hari Rabu tanggal 14 Juni 2023, kami telah bersiap di depan Hotel MovenPick Madinah, dengan semua barang dan koper beserta kami di dalam bis.Hari itu, kami bersiap menempuh perjalanan ke kota Mekkah untuk durasi kedua selama 10 hari keberadaan kami di kota Mekkah.

Sebagaimana sudah saya sampaikan sebelumnya, saya membagi prosesi haji tahun 2023 saya ke dalam 3 tahapan durasi 10 harian. Yaitu Durasi 10 hari pertama, 10 hari durasi kedua, dan 10 hari ketiga atau terakhir di aparteman Aziziyah. Di Madinah, kami tinggal di Hotel MovenPick. Di Mekkah, kami akan tinggal di Hotel Al Ghufran, dan di Aziziyah, kami akan tinggal berdekatan dengan Jamaah Haji Indonesia, di sektor 3-5, di Syisah.

Perjalanan dari Madinah, dengan transit di Masjid Bir Ali guna melakukan niat ihrom, sampai di lokasi pengecekan haji sekitar selepas Ashar. Pembimbing selalu memberikan informasi kepada kami untuk selalu bersabar ketika menunggu waktu pengecekan. Petugas haji Arab Saudi masuk ke dalam bus untuk melakukan pengecekan sekaligus memberikan kenangan kepada kami semua berupa sajadah tebal.

Sampai di hotel di Mekkah, sekitar pukul 17.00. Kami langsung berkumpul untuk prosesi Umroh, yang menjadi bagian dan rangkaian ibadah haji. Saat itu, Masjidil Haram sudah padat merayap. Dengan pertolongan Allah Swt, apa yang menjadi aktivitas kami berjalan dengan baik dan lancar. Kami menuntaskan thawab dan sa'i serta tahalul sekitar pukul 23.00. Sudah tengah malam.

Dan sebagai hari pertama keberadaan kami di kota Mekkah, membawa aura rasa pada jiwa kami, saya khususnya, berbeda. Juga detak dahsyatnya kebahagiaan yang tidak sama, antara saat berada di Madinah atau di Mekkah. Rasa yang selalu akan terkenang di koordinat tertinggi dalam hidup seseorang yang pernah menginap di kota-kota ini. Rasa dengan penuh ketenteraman.

Alhamdulillah. Allahumma shali ala Muhammad wa ala ali Muhammad.

Jakarta, 29 Februari 2024.