Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

04 February 2024

Maktab 1444 H


























Saya bersyukur bahwa
tak sampai tertulis dan terucap 
kata dan kalimat menghakimi
disaat tidak jadi berangkat haji
tahun lalu

Meski ikhtiar telah saya memulainya
disaat awal Pandemi Covid-19
mendaftarkan nama mengurus dokumentasi
dan memberikan panjar keberangkatan

Bersyukur bahwa bersikap tenang dan yakin
menjadi acuan utama
disaat kuota hanya separuh 
dan kami tidak menjadi bagian 
dari sebagiannya itu

Tidak juga ucapan dan gerutuan 
meski ada dorongan untuk berbuat 
saya bersyukur tidak lakukan
hanya karena meyakini 
yang terbaik saja 
yang saya dapat dan rasakan 
pasti tidak yang lain
fainna ma'alu'syri yusyraa

saya bersyukur bahwa Allah jadikan saya
bagian dari 100 persen kuota Haji 1444 H
merasakan meriah dan ramainya 
bersama jamaah dunia 
setelah Covid tak lagi jadi halangan 

Bersyukur untuk menikmati 
bagaimana bersama dalam maktab
yang berhimpitan saat beristirahat
antri saat prasmanan dan ke belakang 
atau berebut suara dari pengeras 
karena tiap kafilah terpisah hanya oleh kain tenda
di maktab mabit di Mina

Saya berbaiksangka 
bahwa tahun lalu 
tentu berbeda dg tahun ini
tahun yang membuat pengalaman terbaik

Saya bersyukur sekali.
menikmati dengan sepenuh hati
enaknya berada di maktab
yang selangkah menuju tangga jalan
menuju tempat melontar jumroh
di musim haji tahun ini


Kenangan Maktab 111 di Mina- 20.09.2023

No comments: