Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

25 February 2024

Kubah Hijau Masjid Nabawi

Pose dengan latar belakang menara Masjid Rasulullah Saw,
dimana Raudah berada. Pada hari Rabu, 7 Juni 2023.

 























Perjalanan ziarah di sekitar Masjid Nabawi pada hari ke 4 kebedaraan kami sebagai jamaah haji di kota Madinah, yang bertepatan pada hari Rabu, tanggal 7 Juni 2023 atau tanggal 18 Dzulqo'idah 1444 H, adalah mengelilingi Masjid Nabawi. Seluruh jamaah turut serta tanpa kecuali. Perjalanan diawali dari bagian luar di ujung timur masjid, atau pintu masjid no 25, lanjut ke depan pintu Baqi'.

Pada kesempatan ini, kami semua tidak masuk ke dalam masjid untuk berkunjung ke makam Rasulullah SAW, karena memang jadwal kami belum keluar. Memang ada beberapa dari kami yang telah memiliki jadwal masuk Raudah atas ikhtiarnya sendiri melalui aplikasi nusuk. Tapi saya dan istri, memilih untuk menunggu jadwal yang sedang diusahakan oleh travel haji dan para muthowif.

Dan dari diskusi yang berlangsung, maka travel sedang mengusahakan untuk memilih jadwal kunjungan ke Raudah di jam 02.00 atau jam 03.00. Sementara untuk teman-teman yang telah memiliki jadwal kunjungan ke Raudah secara mandiri, maka mereka akan memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Raudah dua kali.

Jadi itulah kegiatan ziarah yang kami jalani pada hari keempat kami berada di Madinah. Setelah rombongan berada di bagian luar Masjid dengan kubah hijau, kami menyampaikan salam kepada Rasulullah SAW; Allahumma shali ala Muhammad wa ala ali Muhammad.

Usai memanjatkan doa-doa, maka perjalanan ziarah berukutnya adalah komplek berwudu dengan Zam-Zam yang bangunannya berukuran lebih kurang 8 meter X 5 meter. Dimana bagian perempuan dan laki-laki dipisahkan. Disini beberapa teman ada yang berwudhu dengan Zam-zam yang kluar deras dari kran setelah puas meminumnya. Sementara saya selain minum dan berwudhu, juga mengusapkan Zam-zam ke seluruh bagian kepala hingga leher serasa menyampaikan permohonan Allah Swt untuk kesehatan jasmani dan jiwa saya. InsyaAllah. Aamiin Allahumma Aamiin.

Perjalanan ziarah kami berakhir setalah kami mengunjungi Masjid Al Ghumamah, dan melintasi rumah pertemuan masyarakat di Madinah pada zaman Rasulullah SAW. 

Jakarta, 25 Februari 2024.

No comments: