Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

01 February 2024

Tiba di Madinah

Pagi hari tanggal 5 Juni 2023 sekitar pukul 07.00 pagi waktu Madinah, perjalanan kami dari Soeta di Jakarta sampai di
Movenpick, Madinah. 
 
Ini adalah tahapan awal dari prosesi Haji 1444 H yang akan berlangsung di akhir bulan Juni, tepatnya pada tanggal 27 Juni, yang kalau penanggalan tanah air, hari raya Idul Adha akan berlangsung pada tanggal 28 Juni 2023.

Jika ada 30 hari durasi perjalanan, maka tanggal 27 Juni berada di 10 hari terakhir kami. Inilah yang ketika masih pelaksanaan menasik di Jakarta, ustadz pembimbing mengingatkan kami untuk fokus pada pelaksanaan haji, sebagai tujuan perjalanan kami. Ini dimaksudkan agar jamaah tetap menjadikan semua rukun haji sebagai prioritas. Maka aktivitas sunah dijalani dengan tidak memaksakan diri. Agar ttp sht saat prosesi haji.

Diluar itu, saya juga tetap memperhatikan beberapa momen dan kegiatan untuk lebih eksploratif, yang diantaranya dg sekedar menganbil video serta sesekali melakukan aktivitas yang tidak normatif. Seperti diantaranya menemukan hal² yang tdk.selalu sama. Baik terhadap seluk beluk Masjid Nabawi atau juga deretan toko cindera mata. Bahkan meski hanya berdiri di pinggir toko untuk berteduh dari sengatan matahari dan sedikit mendapatkan udara sejuk dari AC yang ada tidak jauh dari saya berada, untuk melihat-lihat para jamaah kembali ke hotelnya masing² seusai melaksanakan shalat fardu.

Karena hanya dengan begitu, saya akan mendapatkan pemandangan berbagai gerak gerik jamaah dengan warna pakaian dan coraknya.  Yang dengan demikian, saya sendiri mencoba melihat dan menyaksikan beragamnya asal muasal  jamaah itu. Ini memperkaya pemahaman dalam batin saya. 

Dan pagi itu, sebelum bis tingkat yang saya naiki masuk ke parkiran Movenvick di Kota Nabi Allah Madinah, berkecamuk perasaan campur aduk yang sulit saya mendiskripsikan.  Yang paling mendominasi adalah perasaan antara percaya atau tidak bahwa saya sedang menjalani kehidupan nyata. 

Namun semua tahapan perjalanan benar-benar saya jalani dengan kesadaran sepenuhnya.  Walaupun  selalu saja terlintas dalam hati bahwa saya menjadi bagian dari jamaah haji Indonesia tahun ini, 2023. 

Jeddah-Movenpick, 5 Juni 2023

No comments: