Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

25 Oktober 2014

1 Muharam 1436 H

Hari ini, Sabtu, 25 Oktober 2014, bertepatan dengan tanggal 1 Muharam 1436 Hijriah. Tidak ada sesuatu dengan konversi penanggalan itu. Tetapi saya sedikit merasa ada sesuatu yang berbeda. Karena tidak ada ormas Islam satu pun di Indonesia yang merasa memiliki perhitungan yang berbeda dengan jatuhnya tanggal 1 Muharam 1436 Hijriah itu. Pemerintah dan seluruh ormas yang ada tampaknya sepakat bahwa hari ini, Sabtu, 25 Oktober 2014 Masehi adalah juga tanggal 1 Muharam 2014.
Ini adalah foto profile seorang teman yang merupakan kreativitas kritis. Dimana hari ini adalah hari ke-6 setelah Pelatikan Presiden baru RI.
Tidak ada hingar-bingar penentuan penanggalan Hijriah sebagaimana yang selalu terjadi pada penentuan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Dimana pada dua hari raya tersebut beberapa ormas seperti berlomba 'kepintaran' dan 'kebenaran' atas penentuan tanggal tersebut 'melawan' apa yang telah Pemerintah simpulkan dalam kalender yang berjalan.

Dan karena tidak ada perbedaan penentuan tahun baru Islam tersebut, maka tidak ada perbedaan hari libur dengan tanggal merah yang ada di penanggalan.

Jakarta, 25.10.2014.

Tidak ada komentar: