Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

24 June 2014

Pelatihan Akhir Semester

Sebagaimana seperti lazimnya, beberapa hari setelah seluruh siswa libur, saya bersaa teman-teman masih berada di sekolah untuk menjalani pelatihan guru. Dan teman pelatihan pada akhir semester ini, Juni 2014, adalah keterampilan untuk membuah bahan ajar berbasis komputer. Jadilah kami berada di ruang bersama untuk bersama-sama membuat bahan ajar dengan dipandu sepenuhnya oleh lembaga pelatihan yang kami mintai bantuan.

Suasana pelatihan. Saya pribadi merasakan seru. Karena banyak hal baru yang nantinya dapat saya suguhkan kepada teman-teman sesama guru dan siswa.
Apa yang kami pelajari selama pelatihan dengan duarasi tiga hari ini? Sederhana. Hanya tentang bagaimana memadukan kalimat yang merupakan konten dari Mata Pelajaran, memberikan ilustrasi, menempelkan foto atau dan film yang sesuai dengan apa yang akan menjadi bahasan Bapak atau Ibu guru, serta panduan praktek, atau apapun yang kami inginkan sebagai wahana bagi pembelajaran yang menarik.

Sayangnya, saya sendiri masih belum tuntas dalam membuat tugas yang enjadi bagian dari saya sendiri, yaitu membuat buku panduan guru untuk tahun pelajaran mendatang. Menantang dan sekaligus menyenangkan. 

Harapan saya adalah, supaya teman-teman benar-benar dapat menjadikan keterampilan komputer setelah ini, sebagai modalitas dalam menyongsong para siswanya dengan antusiasme yang tinggi. Sekaligus melayannya dengan penuh keriangan. Semoga.

Jakarta, 24 Juni 2014.

No comments: