Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

15 Januari 2014

PPDB #5; Titipan

Meski bagaimanapun kami ingin memilih anak-anak yang menjadi peserta seleksi dalam penerimaan peserta didik baru setiap tahun dengan 'hanya' melihat dari hasil seleksi yang diperoleh calon peserta didik, tetap saja kertas titipan itu datang sebelum pengumuman hasil seleksi diumumkan. Setidaknya itulah yang terjadi dari tahun ke tahun. Oleh karenanya, kami membuat kesimpulan sebagai panduan kepada teman-teman pelaksana di lapangan ketika harus menentukan siapa yag diterima dan siapa yang dengan terpaksa tidak.

Dan dengan adanya fenomina titipan itulah, kami menjadi mempertimbangkan beberapa hal yang diluar 'hasil' seleksi calon peserta didik baru tersebut. Meski kami juga harus meneliti sosok yang ada di balik titipan itu. 

Alhamdulillah bahwa apa yang saya tulis dalam catatan ini bukan terjadi secara merata kepada semua calon peserta didik baru. Dalam siklus satu tahun kegiatan penerimaan calon peserta didik baru, kami hanya menrima titipan lebih kurang 2 atau 3 orang. Dan sebagai bukti menitipkan, kami biasanya memintanya untuk menuliskan surat. Atau setidaknya kalimat atau memo. Untuk apa? Sebagai orang iseng, saya ingin mngabadikan dokumen itu sebagai kenangan! 

Ketika kami sedang meneliti mengenai sosok titipan ini, kadang kami juga geli sendiri. Ini tidak lain karena ternyata pihak yang diminta bantuan untuk menyampaikan kepada kami bahwa beliau menitipkan putri atau putranya agar manjadi siswa kami, belum pernah bertemu secara tatap muka. Artinya, ya katanya-katanya.

Kami juga bersyukur bahwa rata-rata anak-anak yang dititipkan kepada kami pada saat proses PPDB belum berakhir itu memiliki hasil seleksi yang bagus. Bak kematangan akademik atau kepatangan sosialnya. Alhasil, tanpa dititippun anak itu akan kami terima dengan mulus.

Bagaimana jika calon peserta didik yang dititipkan itu sediit kurang dalam hal kematangan akademik atau sosioemosionalnya? Nah kadang tanpa sengaja juga saya membuka-buka file PPDB, dan menemukan bagaimana kertas memo yang masih tersimpan sebagai dokumen saya.

Tentunya bukan untuk mengolok-olok, karena itu bukan sikap baik, tetapi sekedar mengingatkan ingatan saya tentang 'sejarah' dari sebuah keputusan yang kami ambil bersama-sama. Pendek kata, itu semua menjadi dinamika kehidupan saya sebagai guru di sekolah.

Jakarta, 15.01.2014.

Tidak ada komentar: