Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

03 November 2017

Piknik Guru #6; Membuat LPJ

Sudah menjadi kultur kalau selesai pelaksanaan program, meski piknik guru dengan biaya dari swadaya, membuat laporan kegiatan dalam format LPJ menjadi bagian yang penting. Hal ini sebagai upaya untuk transparansi bagi peserta piknik. Dan juga untuk menjadi acuan bagi panitia berikutnya yang akan mengemban tanggung jawab yang sama.

Dalam catatan kali ini berkenaan dengan laporan pertanggungjawaban, saya bermaksud menyampaikan hal-hal yang seharusnya dilakukan oleh anggota panitia kegiatan yang dananya bersumber dari swadaya. Terutama memang berkisar disekitar kejelasan dari penggunaan dana yang ada serta keberlangsungan dari kegiatan.

Prinsipnya semua peserta piknik tidak akan menjadikan hal-hal yang terjadi dalam pelaksanaan selain karena adanya yang mereka nilai atau rasakan tidak nyaman. Seperti misalnya makanannya yang kurang pas. Atau bahkan penyajian makanannya ketika makan siangnya kurang sip. Atau lokasi wisata yang dituju kebetulan pas terjadi hujan atau kotor sehingga mereka berkomentar karena acara menjadi tidak berjalan sesuai dengan apa yang ada di round down.

Dan jarang peserta akan memberikan penilaian tentang penggunaan uang. Karena dalam kegiatan wisata seperti piknik tersebut, kita memang sama-sama faham tentang bagaimana saja yang harus dibelanjakan. Oleh karenanya, secara riil apa yang telah terjadi menjadi bagian dari pertanggungjawaban panitia trip.

Namun sebagaimana yang saya sampaikan di depan, bahwa menjadi hal yang seharusnya bahwa seusainya kegiatan maka panitia memberikan laporan...

Jakarta, 3 November 2017.