Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

14 November 2017

Benteng Pendem Cilacap

Ketika googleng tentang Benteng Pedem, ternyata muncul Benteng Pendem yang lokasi ada di beberapa tempat di Indonesia. Dan semuanya menyisakanaroma penderitaan masa lalu generasi bangsa. Ini tidak lain karena Benteng Pendem merupakan benteng pertahanan yang sekaligus berfungsi juga sebagai markas tentara dan juga penjara yang dioperasinalkan oleh penjajah.

Untuk hal itu, maka ketika Googling, nama Benteng Pendem Cilacap adalah nama satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Ia menjadi satu nama. Kalau menulisnya tanpa kata Cilacap, maka akan menemukan benteng dengan nama sama tetapi dengan lokasi yang dimaksud berbeda.

Berkunjung ke Benteng Pendem Cilacap, merupakan kesempatan berharga bagi saya, yang bermula oleh rasa penasaran. Ini tidak lain karena Cilacap adalah wilayah yang hampir selalui saya lalui ketika mudik ke Purworejo. Tetapi berkunjung ke kota Cilacap yang ada di wilayah pesisir pantai selatan, belum juga pernah saya lakukan.

Maka ketika teman-teman mengajak saya untuk bertemu guna membahas reuni di Desember nanti di Cilacap, kesempatan itu saya gunakan sekaligus untuk melihat langsung Cilacap. Dan Benteng Pendem yang ada bersebelahan dengan Pantai Teluk Penyu serta Pertamina area 70 merupakan pengalaman menyenangkan.
Gerbang masuk utama.
Lokasi penjara yang ada di dalam area Benteng, yang luasnya 6,5 Hektar.
Lubang-lubang yang terdapat di dinding benteng sebagai sarana untuk dapat melihat kedatangan musuh.
Lorong-lorong lebar dan kokoh menjadi penghubung antar ruangan. Kondisi ketika saya datang di November 2017.
Berikut adalah link youtube saya; https://www.youtube.com/watch?v=I5xnyo1oQOE

Jakarta, 14 November 2017.

No comments: