Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

16 November 2017

Pantai Teluk Penyu dan Benteng Pendem Cilacap


Pagi hari pada Sabtu, 11 November 2017, begitu kami sampai di kota Cilacap, dan setelah menitipkan tas jinjing ke petugas hotel mengingat kami baru mendapatkan izin untuk masuk hotel tengah hari nanti, maka kami segera membuka peta agar memudahkan kai untuk kemana tujuan awal yang tidak meyesatkan kami. Maklum ini adalah kunjungan kami kali pertama ke Cilacap, meski kota ini di beberapa wilayahnya selalu kami lewati ketika melakukan perjalanan mudik.

Berbekal inilah kami menyusuri Jalan Penyu untuk kemudian masuk wilayah pantai dan kemudian lanjut ke Benteng Pendem. Setelah kembali ke hotel untuk beristirahat di siang harinya, kami kembali ke pantai ini untuk bertemu dengan Pak Subuh yang memiliki perahu guna membawa kami menyeberang ke Pulau Nusa Kambangan.
Seperti yang terdapat dalam peta panduang tersebut, kami memang berjalan kaki dari lokasi hotel ke dua tujuan yang kami ingin kunjungi. Menyehatkan, meski itu hanya berjarak 3,4 km. Sebuah jarak total yang harus ditempuh ketika melaksanakan sa'i antara Sofah ke Marwah ketika ibadah Umroh.

Dan meski kondisi pantai relatif kotor mengingat musim penghujan yang membawah hampir semua sampah yang berasal dari muara sungai yang tidak jauh dari bibir pantai, namun kelapa muda yang kami pesan memberikan kenyamanan tersendiri. Juga ikan asin jambal roti tidak kalah memberikan semangat untuk oleh-oleh yang di rumah.


Jakarta, 16 November 2017.

No comments: