Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

29 November 2017

Mangrove Park, Pekalongan

Akses jalan masuk lokasi yang relatif permanen. Ini tidak lain karena keberadaan taman mangrove ini ada dana pemerintah. Bahkan pengelolaannya pun oleh dinas pemeritahan setempat. Kondisi ini sangat kontras dengan apa yang saya lihat pada Taman Mangrove Gedangan yang terdapat di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Dimana seluruh design dan dana merupakan swadaya dari warga desa setempat.

Ini perjalanan saya berikutnya setelah menyelesaikan melihat koleksi batik Indonesia di Museum Batik Pekalongan. Yaitu wisata alam di Pekalongan Utara, Taman Mangrove atau Mangrove Park. 
Transportasi online menjadi tumpuan untuk semua perjalanan saya di Pekalongan. Meski sampai pinggir pantai. Baik ketika saya berangkat dari kota atau juga ketika saya pulang dari lokasi wisata untuk kembali ke 'kota'.
Lokasi mangrove park berada di Kecamatan Pekalongan Utara, yang dapat dengan mudah ditempuh dengan kendaraan sewa, taksi atau transportasi online yang sekarang sudah ada di Pekalongan. Saya berdua istri datang ke lokasi sekitar pukul 16.00. Namun pada hari Sabtu pada jam itu, loket tidak buka dan pengunjung boleh bebas masuk. Hanya tukang parkir yang akan meminta kendaraan kita untuk diparkir dilokasi yang tersedia. Saya melihat lokasi isata ini seperti kurang bergairah.
Hutan mangrove berada di sisi pantai Laut Jawa. Sementara di tengah tambak masih belum ditanami mangrove. Atau mungkin memang design-nya seperti itu? Allahu'alam.
Padahal, akses jalan masuk lokasi ini relatif permanen. Ini tidak lain karena keberadaan taman mangrove ini ada dana pemerintah sebagaimana yang terdapat pada prasasti peresmian yang ada di auditoriumnya. Bahkan pengelolaannya pun oleh dinas pemeritahan setempat. Kondisi ini sangat kontras dengan apa yang pernah saya lihat dan datangi pada Taman Mangrove Gedangan yang terdapat di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dimana seluruh design dan dana merupakan swadaya dari warga desa setempat. Dan dengan seperti inilah maka masyarakat desa terus bergotong royong menyemarakkan. Hasilnya, pengunjung selalu datang.

Pengunjung melintasi jembatan permanen. Ini merupakan daya tarik yang bagus bagi pengunjung. Namun tata letak jembatan belum mengakomodasi pengunjung yang dewasa ini gemar swafoto. Kalau itu tersedia, mungkin akan menjadi lokasi bagus bagi yang akan menkah dengan menjadikannya tempat foto sebeum melaksanakan pernikahan.


Jakarta, 29 November 2017.

No comments: