Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

20 November 2017

Jalan Halal

Saya mendapat kesempatan untuk memenuhi undangan sekolah, berkenaan dengan kegiatan dialog sekaligus juga kegiatan pentas anak-anak. Jadi kegiatan itu selain kegiatan dialog yang fokus saya ikuti sejak awal, juga ada kegiatan pameran hasil karya siswa, kegiatan perlombaan siswa dari beberapa cabang lomba, serta kegiatan penampilan seni siswa. 

Khusus untuk kegiatan dialog, yang menjadi topiknya adalah tentang makanan halal. Yang membahas darai berbagai sudut pandangnya. Misalnya untuk sisi syar'i, maka tampil DR Tuan Guru Bajang Madjdi, yang juga adalah seorang Gubernur untuk provinsi NTB. Pada sesi ini, Tuan Guru menukilkan kisah Nabi yang ketika mengutus Muadz bin Jabal untuk berdakwah ke Negeri Yaman memberikan pesan berkenaan dengan halal.

Sementara Ibu Aisha Maharani, yang adalah lulusan dari IPB, dan pernah bekerja penuh waktu untuk sertifikasi hahal di MUI, serta CEO dari Halal Corner, memberikan testimoni berkenaan dengan pentngnya menginternalisasi konsep berpikir, serta berperilaku halal sejak dari keluarga. Karena inilah yang membuatnya tersadar akan beberapa perilaku masa lalunya.


Sedang Ibu Nonon, yang adalah psikolog dari sekolah lebih memberikan pandangan dan testimoni tentang penanganan peserta didik dalam lingkup perilakunya. Serta hubungannya antara perilaku anak dengan pola hidup halal. Dan sebagai penampil terakhir adalah seorang dokter ahli syaraf, yaitu dr Andre. Dimana beliau menjelaskan bahwa terbentuknya sel-sel dalam tubuh manusia berawal dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Dan selain sel-sel, beliau juga menjelaskan bahwa DNA juga berawal dari asupan makanan dan minuman. Yang dengan demikian maka jalan hidup halal harus menjadi bagian inheren bagi keselamatan dan kesejahteraan dunia hingga akherat.

Diskusi tentang halal ini dikemas dalam bentuk talk show yang diselenggarakan di Gedung Smesco pada Minggu, 19 November 2017.

Jakarta, 20 November 2017.

No comments: