Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

30 Juli 2013

Menemukan Kedermawanan dalam Sebuah Makanan

Baru-baru ini, untuk kesekian kalinya, kami setiap guru dan karyawan yang ada tanpa terkecuali, mendapatkan kiriman makanan istimewa dari seorang yang dermawan. Ini sekali lagi, adalah sesuatu yang patut kami kenang. Bukan karena siapa yang mengirimkan makanan itu, juga bukan karena jenis makanan itu yang dikirimkan kepada kami semua, tetapi lebih kepada sikap dan perilaku dermawan.

Satu paket untuk setiap orang...
Itulah bentuk yang hampir dua hingga tiga bulan sekali kami menerima kiriman. Yang totalnya, kalau ingin di jumlah pengeluarannya, maka lebih dari cukup untuk melunasi uang sekolah di sekolah swasta selama kurun waktu satu atau bahkan dua  tahun pelajaran. Sebuah masa yang agaknya menjadi istimewa jika saya akan perbandingkan dengan beberapa fakta yang ada bahwa beberapa diantara para orangtua siswa kami masih belum bisa melunasi uang sekolah tepat pada tanggal yang telah disepakati bersama?

Ini karena ketidaktepatan dalam melakukan pembayaran uang sekolah tersebut bukan karena kesulitan keuangan yang sedang dialami oleh keluarga atau bahkan perusahaannya. Karena secara kasat mata aya dapat bertemu orang-orang yang seperti itu di pagi hari saat mengantar buah harinya di sekolah dengan menumpang kendaraan seharga tidak kurang dari 800 juta warna hitam!

Jadi, dari bungkusan makanan istimewa yang kami terima (kembali) pada suatu siang itu, memberikan pembelajaran buat saya sendiri bahwa, dermawan adalah sebuah sikap luhur yang sekarang harus menjadi jalan berpikir dan bertindak kita. Seberapapun itu, tanpa harus mengkawatirkan apa yang tersisa untuk saya?

Jakarta, 24-30  Juli 2013.

Tidak ada komentar: