Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

24 Juli 2013

Anak-Anak Kembali Sekolah

Senin, 15 Juli lalu, menjadi hari pertama masuk sekolah bagi anak-anak didik baru di sekolah kami. Mereka adalah yang duduk di bangku Taman Kanak-kanak kelompok A dan Kelompok Bermain, Kelas 1 SD, dan juga kelas 7 SMP. Sementara bagi mereka yang menjadi siswa lama, atau mereka yang naik kelas, mereka mendapat bonus libur satu hari lagi. Karena untuk mereka, masuk sekolah sebagai hari awal belajar adalah Selasa, 16 Juli.

Sebagai hari pertama masuk sekolah, tentu itu menjadi hari yang pasti menyenangkan untuk mereka, anak-anak didik baru itu, dan tentunya juga kami sebagai guru dan pendidik di sekolah. Karena sejak hari itu, kami akan jalani tahun pelajaran 2013/2014.

Tahun yang pasti akan menjadi penantian kita bersama dalam mengarunginya. Karena pada tahun pelajarn itu, akan ada dua hal istimewa di setiap temgah semesternya. Itu karena pada setiap tengah semester di sekolah kami, akan ada peristiwa yang anak-anak akan nikmati secara riang gembira penuh gairah belajar. Yaitu kegiatan spesial yang kami sebut sebagai even spesial. Dan dalam dua kegiatan itu, sudah dipilih dua tema yang akan membangkitkan nasionalisme kita.

Tema yang pertama, yang akan kita eksplorasi pada pertengahan semester 1 nanti, adalah tentang indahnya Indonesia. Tema yang diambil dari sebuah realita kita sebagai negara tropis. Yang dengan posisi itulah mka alam Indonesia menjadi bagian paling indah di dunia.

Ada tujuan kami untuk masa depan Nusantara di dua atau tiga puluh tahun ke depan di tangan anak-anak didik kami ini. Yaitu agar mereka mamahami betapa banyak sekali hamparan keindahan yang dapat menjadi ikon pariwisata di setiap daerah yang ada. Sebuah  aset yang merupakan anugerah Allah, yang harus menjadi bagian kita dalam mengenalNya untuk kemudian diejawantahkan dalam memberdayakan secara produktif dan kompetitif. Baik dari sisi daya tarik,  maupun juga dari sisi Ilahiayah.

Anugerah Allah yang harus juga menjadi bagian penting untuk dipelihara dan bahkan dikembangkan sebagai bagian dari mengabdi. Sehingga semua potensi itu tidak hanya dapat dinikmati satu atau hanya dua generasi saja, tetapi untuk selama Indonesia terhampar di bumi ini. InsyaAllah.

Sebuah anugerah yang tidak hanya terbatas dari bentang alam semata, namun juga adalah keanekaragaman yang ada di hamparannya itu. Termasuk juga adalah budaya manusianya dan juga makanannya.

Sedang pada tema kedua, yang akan kita eksplorasi di pertengahan Semester 2 adalah tentang kekayaan alam kita yang berlimpah. Semoga tahun pelajaran 2013/2014 ini menjadi tahun yang memberikan inspirai bagi anak-anak didik kami, atau juga kami sendiri. Amin.

Jakarta, 24 Juli 2013.

Tidak ada komentar: