Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

12 February 2013

Terlambat Shalat Jamaah

Mungkin karena tidak menginginkan temannya mejadi begitu terlambat shalat jamaah, maka seorang anak didik kami memberitahukan kepada saya kalau masih ada beberapa temannya yang masih tinggal di ruangan kelas ketika teman-teman yang lainnya sudah tadarus di mushala. Waktu itu jam telah menunjukkan pukul 13.10. Padahal waktu shalat akan dimulai pukul 13.15.

Laporan itu saya terima ketika saya mendapat dua anak didik kami yang berlari tergopoh-gopoh di plasa sekolah ketika melihat saya berada di depan plasa itu. Sehingga tidak bisa tidak kedua anak itu kepergok saya. Padahal seluruh temannya telah berada di mushala melaksanakan tadarus rutin dengan bimbingan guru. 

mendengar berita itu, saya segera menuju ke ruang kelas yang berada di lantai tiga gedung sekolah kami. Mula-mula lantai dua saya telusuri, kemudian beranjak ke lantai tiga, dmana ada tujuh siswa sedang asyik mengobrol sembari bermain gitar.

Sama dengan dua temannya yang memberikan informasi kepada saya, ketujuh anak itu pada awalnya terkaget-laget melihat kedatangan saya ke dalam ruangan itu. Mungkin mereka bertujuh tidak akan menyangka kedatangan saya. Empat anak, karena barangkali tidak sigap, berhasil saya memanggil nama-nama mereka. Sedang tiga anak lainnya segera berlari. Mungkin karena mereka salah, sehingga mereka mengira kalau saya akan marah kepadanya.

Padahal dengan keempat anak yang berhasil saya panggil itu, saya tidak melakukan apa-apa selain mengajaknya segera menuju mushala untuk bergabung dengan teman-temanya yang telah siap melakukan shalat jamaah. 

Begitu juga ketika shalat jamaah usai, ketiga anak yang tadi berhasil lari itu, kembali tidak menemui saya. Mereka benar-benar merasa bahwa saya tidak mengenal mereka. Sehingga ketika saya coba panggil untuk mengajak dialog, mereka bertiga kembali telah menghilang. Maka saya meminta tolong kepada keempat anak yang baik tersebut memanggilkan.

Ketika semua telah berkumpul di ruangan saya, maka kepada mereka saya mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar shalat jamaah yang pernah mereka tertinggal dalam mengikutinya. Dan sebelu mereka bertujuh meninggalkan ruangan saya, saya meminta kepada tujuh anak itu untuk membuat sebuah pakta integritas.

Meski pakta tersebut kami buat tidak seperti para politisi di sebuah partai, namun inti dari pakta tersebut adalah mengajak anak didik untuk berkomitmen dalam menumbuhkan kebaikan di dalam diri mereka masing-masing. Semoga.

Jakarta, 12 Februari 2013.

No comments: