Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

24 February 2013

Praktek 'The Power of Kepepet' Pak Jaya Setiabudi di Pentas Ulang Tahun

Akhir pekan lalu, kami di sekolah, dari jenjang TK, SD, dan SMP, tengah mempraktekkan ajian The Power of Kepepet Pak Jaya Setiabudi pada saat harus pentas di acara ulang tahun founder sekolah kami. Dan seperti uraian dalam buku Pak Jaya tersebut, kepepet yang kami jadikan ajian itu benar-benar membawa hasil. Maka benar-benar ber 'power' ajian tersebut.

Hasilnya; sejauh ini pentas kami berhasil. Anak-anak benar-benar sukses mempertunjukkan kepiawaiannya di atas panggung di hadapan para tamu yang pada saat akhir mereka tampil memberikan applaus tepuk tangan yang serempak kompak kegembiraan.

The Power of Kepepet

Pertama kali saya menikmati istilah dan praktek ini ketika Pak Jaya Setibudi membawa kedua buah hatinya untuk mendaftarkan ke sekolah kami. Buku itu secara empiris memang memberikan nuansa nyata. Dalam bukunya itu, Pak Jaya, yang menuliskan buku tersebut, menguraikan bahwa motivasi diri yang ampuh adalah memposisikan diri agar terpepet. Setidaknya kepepet itu menjadikan orang untuk lebih berjuang keras.

Pentas yang, Alhamdulillah Sukses

Pakaian seragam dadakan yang luar biasa hebat.
Lalu apa kaitan antara buku yang berjudul The Power of Kepepet itu dengan gawean kami untuk pentas di hari ulang tahun founder kami?

Seperti dikatakan semula, bahwa posisi kepepet itulah yang kadang justru memutar balik alamat. Ini terjadi manakala kami melakukan gladi resik untuk pementasan di hari ulangtahun yang hanya H -2. Dan benar saja, ketika dalam GR itu masih banyak hal yang perlu kami poles, maka kami semua seperti tersengat aliran listrik. Itu tepatnya ketika GR usai dan panitia meminta beberapa hal yang harus diperbaiki. Dan hal yang paling harus dilakukan penyempurnaan adalah pengenaan pakaian seragam untuk anak-anak saat tampil. Ini khususnya untuk unit TK dan SD. Sedang untuk anak-anak SMP yang akan menampilkan tari Saman, maka sekolah cukup menyewa. Dan itu memang skenario awalnya.

Kami memang tidak memikirkan seragam bagi anak-anak untuk unit TK dan SD. Kami akan meminta anak-anak untuk mengenakan batik dengan warna yang kami telah tentukan. Dengan persiapan seperti itu, kami akan menunjukkan kepada penonton tentang ragam batik yang nantinya akan dikenakan oleh anak-anak. Kerena biasanya, ketika anak-anak mengenakan pakaian batik bebas di hari sekolah, kami akan terkagum-gamun dengan beragam warna dan corak dari batik yang dikenakannya. Oleh karena itu kami optimis dengan hanya meminta kepada anak untuk mengenakan baju atau kemeja batik dengan nuansa warna tertentu.

Namun ketika telah usai  GR pada sore itu, dan panitia menentukan agar anak-anak mengenakan seragam untuk pentas lusa, maka semua guru bergerilya untuk mencari seragam. Dan sore itu kami sudah putuskan bahwa tidak ada pakaian seragam yang representatif untuk dikenakan anak-anak ketika tampil lusa. Maka pada H-1, gerilya pencarian pakaian seragam harus berlangsung lagi. Seementara teman-teman guru yang ada di sekolah ketika waktu pentas tinggal 24 jam lagi, harus juga memoles kesiapan anak-anak yang antara lain harus mempercepat ritme lagu yang ketika di GR dianggap terlalu lambat.

Dan alhamdulillah, seperti bukunya Pak Jaya, The Power of Kepepet, siang itu, tepat pukul 14.00, para guru yang melakukan gerilya untuk mencari pakaian seragam tuntas sudah dalam menemukannya. Pakaian seragam telah ditemukan dan sekaligus dibeli, dalam kondisi yang luar biasa memuaskan!

Maka pada Sabtu, 23 Februari 2013 yang lalu itu, tepat 90 tahun usia founder sekolah kami, anak-anak menampilkan keterampilan terbaiknya dengan pakaian seragam yang tidak kalah luar biasa sempurnanya. Itulah barangkali upah dari usaha keras yang teman-teman kami lakukan untuk sebuah persembahan bagi pendiri sekolah. Terima kasih.
 
Jakarta, 24 Februari 2013.

No comments: