Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

14 November 2014

Jam Kosong #15; Terbantu Sumber Belajar

Sebagai bagian dari lembaga pendidikan yang sudah lama tidak secara formal mengajar di kelas dengan memegang tanggung jawab terhadap mata pelajaran tertentu, maka penguasaan materi pelajaran yang saya miliki tidaklah sebaik dengan guru formal yang terjadwal. Apa lagi jika dihadapkan kepada mata pelajaran yang buka latar belakang pendidikan saya. Namun demikian, karena terdapat sumber balajar yang dapat saya akses, maka keterbatasan itu sedikit banyak telah menghapus keterbatasan tersebut.

Paling tidak karena pembelajaran yang saya lakukan pada jam-jam kosong di kelas tersebut tidak selalu berfokus kepada penguasaan materi pelajaran Maka banyak sekali kegiatan belajar yang dapat saya unduh untuk kemudian saya sampaikan dan lakukan bersama anak-anak di kelas. Baik untuk mata pelajaran Sejarah atau juga Bahasa Indonesia yang juga pernah saya lakukan. Ini semua tidak lain karena begitu pesatnya perkembangan teknologi informasi yang semuanya mejadi mungkin.

Tidak ketinggalan juga adalah teman-teman saya yang satu profesi, dimana dengan ketulusannya, mereka membagi apa yang pernah dijalaninya dalam pembelajaran di kelas mereka untuk kemudian mereka tampilkan di halaman blognya. Bahkan termasuk di dalamnya slide belajar yang mereka buat sebelumnya. Juga uraian materi pelajaran, atau bahkan video link yang menjadi rekomendasi teman-teman.

Kenyataan hari ini, sebagaimana yang saya alami dengan jam kosong dan ketidaksiapan saya untuk menjadi guru penganti di kelas, tentunya tidak mungkin saya nikmati di saat perkembangan teknologi informasi belum memberikan aksesbilitas kepada semua pihak, termasuk di dalamnya guru.

Oleh karenanya, saya menjadi banyak mendapatkan masukan dan ilmu baru ketika jam kosong itu ada di hadapan saya. Hal ini juga karena pengguna teknologi informasi tersebut juga telah merayap dan marasuk ke dalam kompetensi teman-teman guru, yang memungkinkan semua teman itu berbagi apa yang telah mereka kerjakan. Alhamdulillah. 

Jakarta, 14 Nopember 2014.


Tidak ada komentar: