Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pembaca, terima kasih untuk membuka lembaran catatan perjalanan saya ini. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang positif darinya. Namun jikapun tidak, semoga Anda tidak merasa telah membuang waktu Anda dengan sia-sia. Semoga kita selalu dibukakan pintu kemudahan dan kekuatan dalam menunaikan tugas kita masing-masing. Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

14 Oktober 2013

Bukti bahwa Sudah tidak Muda

Pagi itu, saya mendapat tugas dari tempat dimna saya ikut terlibat didalamnya, yaitu menyambutnkedatangan para siswa dan orangtua dalam kegiatan family gathering. Sebuah kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman untuk mengeratkan kemunikasi serta i teraksi antar guru, siswa, dan guru di sekolah dengan  serangkaian kegiatan games.

Namun dari sekian orangtua siswa tersebut, saya harus mengaku bahwa sudah tidak muda lagi. Ini karena ada diantara orangtua siswa yang ada di lapangan bersama saya itu, adalah salah satu siswa saya di sekitar tahun 1986. Hanya itu. Meski diantara saya, ada juga beberapa teman guru yang memang sepantaran. Tetapi perasaan itulah yang muncul di kepala saya.

Di ruang kelas kelas 1 SD.
Kenyataan ini sesungguhnya melahirkan rasa yang sedikit membanggakan, namun sekaligus mengikatkan kami bahwa sebagai guru, perjalanan waktu yang tidak pernah berhenti itu setidaknya telah menghantarkan kepada kami sebuah kenyataan tentang perjalanan waktu dan usia.

Selain juga menghadirkan bahwa ternyata dalam perjalanan tersebut saya sadar tentang jarak tempuh yang sudah saya, dan teman-teman lalui selama ini. Saya dengan beberapa lokasi yang berbeda dalam menjalani profesi sebagai guru, tetapi selalu terikat oleh waktu dan generasi yang boleh jadi berbeda dan beragam. Demikian pula dengan teman-teman yang lain.

Oleh karenanya, karena saya menganggap pertemuan kami, saya dengan mantan siswa saya itu, saya juga menyempatkan diri untuk berfoto bersama keluarga yang merupakan generasi guru-siswa. Sebuah gambar yang akan menjadi dokumen waktu sebagai bagian dari ikhtiar dalam mengikat sejarah dan kenangan.

Itulah kenangan pada hari Sabtu yang tidak pernah akan mudah saya lupakan. Kenangan yang hadir ketika saya harus turut serta dalam pembukaan di sebuah acara itu. Hanya tentu masih ada sebuah harapan untuk suatu kali, bahwa apa yang menjadi kenangan di benak orangtua siswa yang kebetulan adalah siswa saya di tahun 1986 itu adalah kenangan positif. Semoga.

Jakarta, 14 Oktober 2013.

Tidak ada komentar: