Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

17 May 2015

UN 2015 #4; Peristiwa Keramat

Dalam sebuah kegiatan para Kepala Sekolah tingkat Sekolah Dasar di sebuah sanggar di kecamatan di wilayah Jakarta, teman saya mengunggah foto bersama teman-temannya. Terlihat lima Kepala Sekolah di foto yang unggahnya. Mereka adalah Kepala Sekolah swasta yang berdekatan. Dan untuk hajatan Ujian Sekolah Berstandar Daerah tingkat SD yang jatuh pada Senin-Rabu tanggal 18 sampai 20 Mei 2015, teman-teman itu disibukkan dengan hajatan tahunannya tersebut.

Dan bila pada tahun-tahun sebelumnya semua berjalan relatif dengan kondisi dan POS yang normal, maka berbeda dengan apa yang terjadi di tahun 2015 ini untuk ujian di tingkat SD dan di wilayah dimana kami berada. Satu hal yang berbeda adalah kerelaan sebuah sekolah untuk mempersiapkan ruangan menginap bagi Kepala Sekolah yang mendapat jatah piket menunggui soal yang akan diujikan esok harinya.

Tentunya bukan setiap sekolah. Karena untuk kami yang sekolah swasta yang ada di satu kecamatan,  terdapat beberapa sekolah. Maka salah satu dari kamilah yang ditunjuk pihak kecamatan untuk bersama dalam satu payung. Dan dengan konsep seperti ini, bagi saya sendiri, lengkaplah proses keramatisasi Ujian Nasional dengan standar daerah untuk tingkat SD.

Jakarta, 17.05.2015.

No comments: