Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

19 Mei 2015

Rekrut Guru #5; Adakah Komitmen Lain?

Setelah proses interviu berjalan dengan lancar dan tahapan terakhirnya sudah, maka kami akan menyampaikan pemberitahuan gaji yang dapat kami berikan kepada para kandidat itu. Gaji yang kami sampaikan adalah gaji dengan standar yang ada. Kami akan melihat latar belakang kandidat selain juga adalah pendidikannya. Ini kami harus lakukan terlebih dahulu agar tawaran gaji yang kami berikan tidak 'menyundul' atau menyusul  guru yang telah mengabdi terlebih dahulu. Walau dalam perjalanannya nanti kandidat yang sukses dan benar-benar kami nilai bagus akan mendapat kesempatan untuk mendahului besaran gaji guru yang terlebih dulu bergabung dengan kami. Ini dimungkinkan karena kenaikan gaji di sekolah kami berbasis kepada kinerja. 

Tetapi ketika kandidat tersebut telah menjadi bagian dari kami, dan kami harus memberikan kesempatan untuk sebuah kenaikan status, maka kembali kami akan meminta guru kami akan komitmen yang mungkin berbeda dengan apa yang akan kami sampaikan. Karena kadang ada pula guru yang masih menjadikan sekolah kami sebagai batu loncatan untuk melangkah kepada karir lain atau tetap menjadi guru tetapi ingin berubah status sebagai PNS?

Pertanyaan seperti ini penting untuk kami di tahun pelajaran berikutnya supaya kami dapat mempersiapkan diri proses rekrutmen jika memang pilihannya adalah tidak melanjutkan kontrak kerja di masa berikutnya.

Seperti apa yang telah kami lakukan dengan dua kandidat guru yang kami menilainya berkapasistas sebagai kandidat guru yang bagus di lembaga kami. Untuk itu kami sering mengajaknya bertukar pikiran semacam coaching yang kami lakukan. Dan dari pertemuan-pertemuan seperti itu, kami menemukan beberapa hal kecenderungan yang masih mungkin dapat kami berikan masukan kepadanya untuk kemudian dilakukan perbaikan.

Termasuk diantaranya kecenderungan mereka untuk tidak menjadikan lembaga pendidikan kami sebagai tujuan akhir dari perjalanan profesionalnya sebagai guru. Dan temuan ini akan segera kami tindak lanjuti dengan mengadakan pemilihan kandidat baru. Itulah tahapan yang kami sebut sebagai pertanyaan komitmen dari para kandidat guru tetap kami. Semoga.

Jakarta, 19 Mei 2015.

Tidak ada komentar: