Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

11 Juli 2014

Pilpres 2014 #13; Hitung Cepat

Alhamdulillah bahwa Pilpres 2014 akhirnya berlangsung dengan lancar dan aman. Seperti pelaksanaan Pemilu sebelum-sebelumnya, di TPS 014 yang ada di Kelurahan dimana kami berada. Karena memang seperti itu yang berlagsung dan terjadi di TPS. Selalu ada penonton yang menunggui ketika kami bekerja. Terutama saat-saat perhitungan suara. Semua terlihat gamblang. 

Walau, untuk ukuran kecepatan, pada Pilpres yang telah berlangsung pada Rabu, 9 Juli lalu itu, TPS kami baru mengumpulkan hasil Pemilu di Kelurahan nomor 2 (dua) dari belakang. Padahal terdapat 20 TPS di kelurahan kami. Artinya, TPS kami nomor ke-19. Dan itu sudah pukul 17.00. Sebuah kenyataan yang sebelumnya kami cita-citakan TPS kami adalah TPS tercepat dalam mengumpulkan hasil Pemilu sebagaimana yang pernah kami alami pada Pemilukada DKI Jakarta di dua tahun yang lalu.

Dan hanya beberapa menit setelah kami mengumpulkan hasil kerja kami di TPS, di tivi, para capres yag baru saja kami pilih sudah saling sumringah dengan aroma kemenangan dari hasil hitung cepat yang diselenggarakan oleh lembaga survey.

Aneh memang, bagi saya yang kurang paham dengan multy stage random sampling, karena skripsi saya menggunakan jalur analisa puisi, jadi hanya mengenal metodologi penelitian itu hingga UAS saja tanpa pernah mempraktekkan, dengan hasil yang tidak sedikit perbedaannya? Justru saya membaca ternyata terdapat dua kelompok dalam perhitungan cepat tersebut.
Sebuah blog yang memuat hasil hitung cepat dari berbagai lembaga survey.

Tapi sebagai pemilih, saya hanya meliat saja, bagaiana akting dari para pelaku politik di media itu nantinya. Saya benar-benar ingin melihat dan mengambil pelajaran. Mental yang seperti apa yang akan masing-masing tokoh, yang tiba-tiba sekarang mengajak saya untuk bersikap adem ayem. Sebuah sikap yang berbeda ketika beliau-beliau pada posisi sebelum tanggal 9 Juli 2014.
Berita media tentang kantor sebuah lembaga survey pada Pilpres 2014.
Dan sebagai masyarakat, saya hanya ingin menonton bagaimana orang-orang pinter Indonesia bisa menjadi contoh buat saya.

Jakarta, 11.07.2014.

Tidak ada komentar: