Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

18 Juli 2014

Belajar Membaca

Di awal tahun pelajaran ini, saya bertanya kepada teman-teman tentang kegiatan membaca di dalam kelas. Kegiatan ini menurut saya, dan juga pengalaman selama ini dalam menggalakkan kebiasaan suka membaca sangat efektif. Pertanyaan saya sederhana sekali. Apakah teman-teman masih benar-benar tidak ingin menghapus kegiatan tersebut sebagai kegiatan efektif dan membanggakan?

Pertanyaan ini sekaligus membangkitkan semangat teman-teman akan pentingnya kegiatan tersebut bagi menumbuhkan kebiasaan suka membaca pada anak. Dan di respon dengan semangat masih. Maka jadilah tahun ini anak-anak tetap akan melakukan kegiatan membaca tenang di dalam kelas masing-masing dengan plot waktu yang sudah kami sediakan. Sementara buku bacaan akan menjadi kewajiban anak-anak. Karena buku yang mereka baca adalah buku mereka masing-masing, yang mereka bawa dari rumahnya.

Kabiasaan membaca ini tidak saja kami berikan dan laksanakan untuk kelas-kelas yang anak-anaknya sudah dapt membaca dengan lancar, seperti anak-anak di SD, tetapi juga untuk anak-anak yang masih duduk di bangku Kelompok Bermain dan juga TKA, yang baru saja menginjakkan kakinya di bangku sekolah. Jadi kegiatan ini untuk seluruh siswa yang ada di sekolah kami tanpa terkecuali.

Membaca?

Memang dalam kegiatan ini, tidak semua anak dapat benar-benar menikmati apa yang dilakukannya. Tetapi dengan kegiatan yang secuil, yang kami laksakan kegiatannya untuk semua anak, setidaknya dapat memberikan hasil yang lumayan. 75 % saja anak di dalam kelas, ketika proses yang bertahap tersebut menyentuh bagian kepintarannya, saya yakin bahwa anak-anak nantinya akan membawa kebiasaan tersebut sepanjang hayatnya.

Kepada guru, saya memberikan beberapa hal yang dapat teman-teman lakukan sebagai bentuk dorongan  terhadap kebiasaan membaca pada siswa antara lain adalah:

Guru bertanya kepada siswa: 
  • Apa buku yang kamu baca? 
  • Kamu suka dengan buku itu? 
  • Bagian mana yang kamu suka dari buku itu? 
  • Mengapa kamu suka buku itu? 
  • Apa yang kamu pelajari dari buku itu?  
  • Hal apa yang dapat kamu jadikan pelajaran?
Guru juga dapat melakukan kegiatan sebagai berikut:
  • Melihat catatan buku yang telah dibaca,
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk sharing/bercerita tentang buku yang dibaca di kelas,
  • Memberikan penghargaan verbal kepada siswa,
  • Memberi contoh sebagai figur yang gemar membaca.
Begitulah lebih kurang yang kembali kami teguhkan kepada teman-teman di awal tahun pelajaran baru lalu. Harapannya semoga kegiatan ini menjadi komitmen bersama. Amin.

Jakarta, 17 Juli 2014.

Tidak ada komentar: