Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pembaca, terima kasih untuk membuka lembaran catatan perjalanan saya ini. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang positif darinya. Namun jikapun tidak, semoga Anda tidak merasa telah membuang waktu Anda dengan sia-sia. Semoga kita selalu dibukakan pintu kemudahan dan kekuatan dalam menunaikan tugas kita masing-masing. Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

28 Agustus 2013

Waduh, Saya Drop!

Inilah kalimat yang selalu diulang-ulang diucap oleh seorang anak didik kami yang dudukdi kelas lima SD ketika kelasnya selesai tampil di panggung untuk menunjukkan kebolehan mereka dalam lomba Paduan Suara tingkat kelas dalam rangka hari kemerdekaan dan sekaligus ulang tahun sekolah, di ruang bersama, kemarin. Kalimat ini bernada pesimis. Karena setelah penampilan mereka di panggung, berganti secara berturut-turut kelas yang satu ke kelas yang lain.

Dan karena semua anak yang tampil bergilir itu juga saling menonton, maka anak-anak yang sejak naik ke panggung dengan motivasi mendapatkan predikat sebagai pemenang, menjadi kecil harapannya ketika melihat apa yang ditunjukkan oleh kelas teman mereka di atas panggung. Itulah maka ketika saya melihat kelas-kelas itu tampil di panggung, ada seorang anak yang begitu kecewanya dengan apa yang telah ditampilkannya bersama teman-teman mereka. Karena ia menilai, bahwa hasil bandingannya, kelas mereka tampaknya tidak hanya memiliki harapan yang kecil.

Maka keluarlah ungkapan perasaannya itu dengan kalimat; "Waduh, saya drop nih..." Sebuah kalimat yang secara spesifik menunjukkan betapa kecilnya harapannya untuk mendapatkan harapannya.

Salah satu kelas sedang tampil untuk tingkat SMP.
Atas apa yang diungkapkannya itu, sya justru merasa kagum. Karena itu ungkapan tentang harapannya dalam mengikuti perlombaan yang kami selenggarakan. Dari pernyataannya itu, saya dapat melihat betapa anak-anak itu begitu memiliki harapan yang tinggi meski kesempatan yang kami berikan itu hanya dalam bentuk perlombaan dalam rangka hari Kemerdekaan. Ini yag membuat kami lebih sadar dan bersemangat lagi di masa mendatang untuk memberikan peluang yang lebih lebar dan luas atas ekspresi mereka.

Jakarta, 28 Agustus 2013.

Tidak ada komentar: