Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

25 August 2013

Membuat Cincau

Dengan makanan tradisional ini, belakangan ini saya memiliki hubungan yang relatif intens. Ini karena saya memiliki opsesi untuk mengajak seluruh guru di sekolah praktek membuat cincau yang tanpa campuran bahan selain dari bahan alaminya. Seperti sore itu, ketika saya mendapatkan pengumuman untuk kerja bakti di kampung kami, maka salah satu sasaran dari kerja bakti di kampung adalah membersihkan pagar rumah, termasuk memotong seluruh tumbuhan merambat yang terlalu rimbun. Karena selain mengubah pemandangan, kerimbunan tanaman merambat di pagar itu sedikit mengganggu ketika malam tiba. Karena rimbunnya tanaman itu menutupi cahaya lampu. Sehingga jalanan di bawahnya menjadi gelap. Beruntung, karena tanaman merambat itu adalah pohon cincau hijau panjang.
Daun cincau hijau panjang, setelah dibersihkan dan siap untuk dilembutkan agar lendir yang terkandung didalamnya dapat larut di air putih yang disediakan.
Membuat Bibit

Pohon cincau daun panjang yang merambat dan menyeduiakan daun sebagai bahan dasar membuat cincau itu tumbuh secara berlebihan di pagar. Maka untuk menyebarkan kelezatannya, saya membuat stek pohon yang merambat itu di dalam pot-pot kecil yang berasal dari bekas gelas air mineral yang sudah saya lobangi bagian bawahnya. Setelah stek batang itu bertunas, maka pohon itu saya migrasikan, antara lain ke sekolahan.

Untuk melengkapi koleksi, saya juga meminta saudara di kampung halaman untuk membuat bibit cincau yang berdaun berbulu. Alhamdulillah, setelah bibit itu cukup umur, saya satukan pada lokasi tanam yang berdampingan, juga di sekolah.

Beberapa waktu lalu, di sekolah, kami melakukan 'panen perdana' atas daun cincau itu, dan mempraktekkan membuatnya. Beberapa teman yang terlibat atau dilibatkan merasa gembira dan memperoleh pengalaman baru, bagi mereka yang memang belum pernah membuatnya. Juga bagi yang pernah membuatnya, mereka merasakan kenangan untuk mengulang kembali meremas daun cincau.

Membuat Cincau

Tanpa harus dikomando, saya diberikan bantuan tetangga yang juga adalah peserta kerja bakti untuk memisahkan mana daun cincau panjang dengan batang gulma yang ikut serta tumbuh bersama hijaunya daun cincau.

Dan inilah sebagaian hasil cincau yang saya buat sendiri.
Jakarta, 25 Agustus 2013.

No comments: