Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

14 April 2013

UN 2013; Pengalaman Baru, UN dilaksanakan tidak Serentak!

Sungguh, sebagai guru yang telah berdiri di depan kelas sejak tahun 1985, dengan berbagai kebijakan penilaian akhir tingkat sekolah yang sudah pernah dilaksanakan di negeri ini, maka pelaksanaan Ujian Nasional 2013 untuk seluruh Indonesia tidak dilaksanakan pada hari dan tanggal yang berbeda untuk tingkat pendidikan SMA/MA dan SMK pada UN tahun 2013, adalah sebuah pengalaman baru. 

Sebuah pengalaman baru, yang benar-benar layak jika saya mencatat sejarah ini sebagai salah satu dari prestasi Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat ini, M Nuh. Mengapa? Karena penundaan dengan penyebab bahwa soal-soal ujian belum siap sampai di lokasi ujian, hanya diumumkan oleh Pak Menteri 1 hari sebelum hari pelaksanaan. Bayangkan jika seorang peserta ujian itu tinggal jauh dari sekolah dengan tiadanya alat komunikasi, apakah mungkin berita itu sampai kepadanya sebelum ia sendiri sampai di gerbang sekolah pada esok harinya?

Apakah Pak Menteri ini tidak pernah menjejakkan kakinya di pelosok tanah air yang memiliki demografi yang berbeda-beda dan tidak sama seperti di Pulau Jawa dimana kantor Pak Menteri ini berada? Please deh ah...

Sebagaimana yang diberitakan bahwa; Akibat naskah soal yang tak kunjung tiba di sejumlah provinsi, Ujian Nasional (UN) 2013 tidak lagi digelar secara serentak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akhirnya memutuskan untuk menunda penyelenggaraan UN 2013 di daerah yang belum menerima naskah soal UN hingga saat ini. (http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/14/16105327).

Jakarta, 14 April 2013.

No comments: