Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

09 April 2013

Diluar Menulis dan Berhitung, ada Kecerdasan Lain

Pagi itu, saya menemani tamu-tamu yang baru saja datang ke Jakarta utnuk mengunjungi antara lain adalah ke sekolah kami. Nah kebetulan sekali ada kegiatan sekolah yang memang berbeda pada hari-hari biasa. Karena pagi itu siswa TK akan perform dalam perj\tunjukan kelas dengan para orangtua sebagai audiensnya. Jadi para tamu itu dapat mendapatkan pengalaman yang memang berbeda.

Maksudnya berbeda adalah, kalau dalam kegiatan sehari-hari anak akan berada di dalam kelas sebagian waktu belajarnya. Sedang pada saat seperti itu, anak-anak akan tampil di depan teman-teman sekolahnya dan para orangtuanya masing-masing.
Terlihat anak-anak yang perform dan para audiensnya saat 'pertunjukan kelas'.
Secara kebetulan juga, pada hari-hari itu, kami sedang kedatangan sahabat yang ingin melihat bagaimana sekolah kami sehari-hari. Mereka terdiri dari guru dan manajemen sekolah. Maka pada saat anak-anak itu tampil di depan kami semua yang menjadi audiens, seorang dari sahabat saya yang menjadi tamu itu berkomentar: "Mereka cerdas ya Pak."

Dari kalimatnya itulah saya kemudian merangkai linier: "Kalau begitu, ada kecerdasan selain dari kecerdasan yang lahir dari menulis dan berjitung?"

Jakarta, 5-9 April 2013.

No comments: