Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

26 April 2012

Melihat Bagaimana Peternak Sukses

Ada kesempatan yang diberikan teman kepada saya untuk ikut serta, ketika  yang bersangkutan bersama romobongan akan bertemu dengan pemilik perternakan Attawakal, di Cimande, Jawa Barat,  dalam rangka untuk menjalin kerjasama yang kesepuluh kalinya dalam penggemukan kambing sebagai hewan Kurban untuk tahun 1433 H.

Ini menjadi kesempatan bagi saya, karena cerita tentang bagaimana hebatnya Pak Haji Bunyamin, si pemilik peternakan tersebut sudah saya cium beberapa tahun lalu. Namun kesempatan itu baru benar-benar terwujud beberapa waktu lalu.

Dan benar saja. Saya kagum bukan main dibuatnya. Kagum dengan bagaimana ikhtiar yang tiada hentinya dalam melakukan pengembangan usahanya, juga ilmu yang dimilikinya. Dan dari kesempatan itu jugalah saya memiliki persfektif beternak yang memakmurkan. Sebagaimana yang terlihat pada foto paling atas, dimana kandang kambig yang dibuat secara teratur, kokoh, bersih, dan sehat. Juga rumah-rumah atau mes untuk hunian bagi para pekerjanya.

Pada saat kami datang, seorang penjaga sedang menyiapkan 'makan pagi' untuk hewan ternak dalam bentuk ampas tahu yang dikirim dari pabrik tahu yang telah lama menjalin kerjasama. 



Kambing-kambing dalam kandang tetap sabar menunggu asupan makan yang sedang disiapkan.










Setiap hewan, memiliki jatah  kapling sendiri-sendiri.

Refleksi Pengunjung

Sebagai orang awam dalam hal beternak kambing secara profesional, kunjungan saya itu benar-benar memberikan udara dan semangat baru. Bahwa peternak juga dapat memetik hasil dalam bentuk kesejahteraan. Dan semangat itulah yang tetap membara di dalam benak saya hingga refleksi ini saya tulis. Semoga pengetahuan tentang bagaiamana menjadi peternak sukses pada hari itu menjadi pintu bagi saya dan orang lain untuk menuju hidup sukses dengan jalan yang berbeda dari jalan apa, yang selama ini dijalani secara normal.

Jakarta, 26 April 2012.

No comments: