Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

08 April 2012

Cerita Saya tentang Tokoh Hebat


Siang itu, di teras mushala sekolah, saya bertemu dengan dua siswa saya yang baru saja selesai menunaikan shalat dhuha. Alhamdulillah. Pikir saya. Saya bersyukur bahwa anak-anak itu tetap menyampaikan doanya untuk kesuksesan mereka dalam ujian nasional yang sebentar lagi akan mereka hadapi. Tentu selain dengan doa juga pastinya ikhtiar pokok yangharus mereka jalani, yaitu belajar. Mereka berdua tampak sedang mengenakan sepatu sembari bercengkerama dengan guru BK yang selalu setia bersama anak-anak remaja kami itu pada saat saya datang.

Saya menyapa mereka dengan bertanya apakah sudah selesai dhuhanya? Tidak ketinggalan juga bertanya kabar masing-masing. Dan dialog itu tumbuh ketika saya bertanya tentang SMA mana yang akan mereka pilih nanti setelah meninggalkan bangku SMP. Yang seorang telah mantap menentukan pilihannya. Sedang yang seorang lagi meski telah membayar uang pangkal di SMA yang semula dipilihnya, namun dalam perjalanan waktu ia berubah pikiran. Alhasil sekarang ini Ia sedang menunggu hasil tes masuk di SMA yang lain. Kok bimbang? Tanya saya pada siswa saya yang jago main games on line, yang akhir tahun lalu mewakili Indonesia berangkat ke Seoul untuk pertandingan games.

Dan jawaban dari pertanyaan itu adalah pertimbangannya bahwa jika dia nanti masuk di SMA pilihan pertamanya, dikawatirkan hobi main gamesnya akan tidak berkembang. Itulah maka Ia mencari Sekolah yqng masih memungkinkan baginya untuk malannjutkan hobinya.

Cerita Saya

Dialog tersebut akhirnya melebar. Dan seperti biasanya, saya tidak menyia-nyiakan momen itu untuk memprosfek mereka dengan cerita motivasi saya. Dan cerita yang saya sampaikan adalah cerita tentang hebatnya tokoh nasional yang terkenal dengan nama Sandiaga Uno, pemilik Saratoga Capital, Perusahaan yang mempu membuat Mandala Airlines terbang kembali setelah satu tahun stop mengudara. Ini barangkali link beritanya: VIVAnews TERPOPULER BISNIS - Sandi Uno: Alhamdulillah Mandala Terbang Lagi http://t.co/kiwKzUSu. Atau dapat dilihat profilnya di:http://sandiaga-uno.com/tentang-saya/

Saya juga menyampaikan sepanjang yang saya ketahui tentang tokoh itu, yang saya harapkan dapat menjadi inspirasi bagi remaja siswa saya itu. Dan bagaimana bila Indonesia memiliki puluhan atau bahkan ratusan orang dengan kiprah kepiawaiannya serta integritas seperti tokoh muda itu. Dan ternyata anak-anak didik saya itu tahu beberapa hal berkenaan dengan tokoh tersebut.

Dialog akhirnya meluncur ke tokoh lain, yang merebut kursi nomor 1 di negeri berpengaruh di dunia dengan slogan kampanyenya Perubahan! Dimana dengan kecerdasan ákademiknya, Ia memperoleh beasiswa untuk tingkat sarjana dan masternya di sekolah tinggi paling bergengsi di dunia. Pertanyaan bagi kita adalah: Mengapa kita tidak termotivasi untuk berjuang memperebutkan hal yang sama. Bukankah secara ekonomi kitalah yang memiliki hak paling besar untuk mendapatkan kesempatan semacam itu di perguruan-perguruan tinggi milik pemerintah di negeri ini?

Dialog yang menyenangkan saya itu harus berakhir persis saat waktu istirahat anak-anak selesai. Saya berharap selalu agar dialog yang terjadi itu bukan menjadi ceramah saya yang membosankan anak. Harapan saya adalah semoga saya mampu memberikan percikan motivasi bagi sebuah pintu gerbang kesuksesan bagi anak-anak didik saya yang ada di sekolah ataupun juga bagi anak saya sendiri yang ada di rumah. Amin.

Ciregol, Tonjong, Brebes, 06/04/2012-Jakarta,08/04/2012.

No comments: