Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

05 May 2009

Belajar adalah Proses


Akhir pekan lalu, saya disapa seorang siswa. Dan dari cara menyapa serta gerak-gerik tubuhnya, saya meyakini bahwa siswa ini sedang meminta untuk diajak berdialog. Saya terperangah karena isswa kami ini tergolong siswa yang memerlukan perhatian lebih dari kami para gurunya. Kejadian ini di waktu siang hari pada saat pulang sekolah. Kebetulan saya menemani siswa yang belum dijemput oleh penjemputnya di halaman sekolah kami yang memang 'se-itu-itu-nya'.

Bagaimana kabar kamu selama ini? Pak Agus sudah lama tidak 'ngobrol'. Saya mengawali membuka dialog. Alhamdulillah baik Pak. Jawabnya singkat. Nilai TO saya kemarin 9 Pak. Jelasnya tanpa diminta. Saya tentu kaget dengan apa yang dia ungkapkan. Nilai sebesar itu adalah pencapaian akademik yang luar biasa untuknya. Luar biasa! Kamu hebat sekali dengan nilai itu. Bagaimana ceritanya? Kata saya. Ya Pak, saya sekarang berubah. Subhanallah. Batin saya. Anak ini membuat pernyatan untuk dirinya sendiri yang telah berubah dengan sepenuh kayakinan.

Ya, berubah. Kalimat ini tidak hanya menjadi pernyataannya tetapi juga teman-teman saya yang mendampinginya sepanjang hari di kelas. Sebuah pernyataan yang sulit untuk dilukiskan, untuk sebuah proses belajar tingkah laku. Dan ini telah benar-benar terjadi. Kami tidak berhenti mensyukuri peristiwa dan prestasi yang telah ananda kami raih itu.

Dan dalam sebuah rapat kecil saya mengungkapkan kembali peristiwa tersebut. Satu dari rekan kami menyampaikan hikmah dari kisah si anak didik kami yang 'berubah' tersebut bahwa: Pertama; Karena belajar adalah proses. Maka melihat hasil belajar membutuhkan samudera kesabaran bagi stake holder. Kedua; Karena belajar adalah proses, maka kerangka kerjanya berbingkai komitmen. Ketiga; Bahwa belajar perilaku adalah inti dari proses belajar itu sendiri. Ini adalah bentuk alikasi dari apa yang Rasulullah sampaikan 15 abad yang lalu. Keempat; Bahwa perilaku yang positif, akan berimplikasi kepada hasil belajar (kinerja jika kita yang di kantor) yang positif juga.

Jakarta, 8 Mei 2009.

No comments: