Masjid Raya Samarinda

Masjid Raya Samarinda

Sianok

Sianok
Karunia yang berwujud keindahan sebuah ngarai.

Drini, Gunung Kidul

Drini, Gunung Kidul

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Dari Bukit Gundaling, Berastagi.

Senggigi

Senggigi

27 Maret 2014

Ingat Pergelaran 'Klompencapir"

Pagi itu, dalam kegiatan assembly siswa di TK, atau kegiatan pertunjukkan kelas yang bertema sumber daya alam Indonesia. Hadir dalam kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh TK tidak kurang dari 5 kali tersebut adalah para orangtua siswa, pengunjung, utamanya saya sendiri, dan pastinya guru-guru sendiri sebagai kreator dalam kegiatan tersebut. 
Salah satu sudut dari karya siswa.

Cerita yang anak-anak suguhkan dalam bentuk drama, musikalisasi, dan tari itu, sungguh telah mengingatkan saya kepada sebuah pergelaran di masa lalu yang relatif sering dilakukan dan disiarkan tv pada saat Bapak Presiden Soeharto blusukan ke lokasi pertanian dan melakukan dialog dengan mereka. Itulah yang bernama klompencapir. Saya sendiri lupa kepanjangan dari singkatan ini. Namun yang pasti, klompencapir tersebut adalah kelompok pertanian yang melakukan talk show bersama presiden.

Maka pagi itu, di hall sekolah yang disulap menjadi panggung pertunjukkan, dan ruangan pengunjung, anak-anak dari usia tiga setengah tahun hingga usia lima setengah tahun beradu akting. Menyenangkan dan membuat kepala saya lebih tegak karena berpikir.

Secara singkatnya, datanglah seorang kepala negara disertai staf dan pengawalnya ke sebuah acara talk show pertanian dengan para petani. Maka kepala negara itu disuguhi berbagai karya petani dan petambang, dengan berbagai hasil pertanian dan pertambangannya. Tentu itu merupakan pertunjukkan yang memberikan gambaran betapa kayanya kita.

Tentu ini bukan sekedar pertunjukkan. Karena ini adalah pertunjukkan yang merupakan selebrasi atas berakhirnya sebuah kegiatan pembelajaran dalam satu tema. Maka pertunjukkan tersebut adalah puncak temanya. Dan karena sebagai selebrasi, maka seluruh orangtua hadir untuk 'menikmati' bagaimana putra-putrinya menampilkan hasil belajarnya dalam satu tema tersebut.

Sebagai konklusinya, saya sendiri menjadi berdecak kagum dan merasa bangga dengan apa yang telah dan sedang guru-guru lakukan dalam pembelajaran dalam tema sumber daya alam Indonesia itu. Sungguh sebuah kegiatan yang memberikan gairah untuk terus bergerak dan berbeda dari satu kegiatan ke kegiatan yang lainnya. Sungguh menakjubkan hasil dari sebuah keinginan untuk terus berubah!

Jakarta, 27 Maret 2014. 

Tidak ada komentar: